Sukses

Keresahan Ayah Anak Kembar Saat Server PPDB DKI Bermasalah

Ratusan calon siswa yang mendambakan duduk di bangku SMAN harus mengurus pendaftaran secara manual.

Liputan6.com, Jakarta - Server Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online calon siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bermasalah. Situs tersebut diretas puluhan hacker.

Alhasil, ratusan calon siswa yang mendambakan duduk di bangku SMAN harus mengurus pendaftaran secara manual dengan datang ke kantor Dinas Pendidikan (Disdik) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2016).

Denny (40), warga Jakarta Pusat, mengaku khawatir salah satu anak kembarnya yang akan melanjutkan pendidikan ke SMA tidak dapat bangku di sekolah negeri.

Ia bercerita ada keanehan pada pencatatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) si kembar. Anaknya yang menerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) tidak dapat mendaftar online karena NIK-nya tidak terdata di server.

Sementara anaknya yang tidak mendapat KJP dapat mendaftar SMA secara online.

"Logikanya kalau anak saya terdaftar penerima KJP, berarti datanya valid di DKI. Tapi kok nggak bisa? Aneh kan. Kembarannya malah tidak nerima KJP, bisa daftar online," ujar Denny di Kantor  Disdik Pemprov.

Deni mendatangi Kantor Disdik DKI Jakarta pukul 13.00 WIB dan mencari-cari tempat pengaduan hal tersebut.

Tak disangka, banyak orangtua dan calon murid SMAN yang bernasib sama seperti dia dan si kembar. Tapi ia terpaksa harus gigit jari karena meja pendaftaran pengaduan sudah tutup saat dia datang.

"Saya datang habis zuhur. Jadi nggak dapat kartu antrean. Katanya, ambil (antrean) besok pagi. Jadi besok, yang sudah punya nomor langsung masuk dan diproses. Yang mengambil antrean harus tunggu antre lagi," kata Denny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini