Sukses

Simpang Susun Semanggi Segera Dibangun, Cek Rekayasa Lalu Lintas

Rencananya pembangunan proyek Simpang Susun Semanggi rampung pada pertengahan September 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan struktur Pengembangan Simpang Susun Semanggi di Jalan Jenderal Sudirman, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika) bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Pemprov DKI Jakarta, dan dinas terkait lainnya, menghasilkan kesepakatan terkait pengaturan arus lalu lintas.

Pertama, pengaturan jalur cepat di Jalan Jenderal Sudirman dari Bundaran HI menuju Jalan Gatot Soebroto atau Loop Sarbini. Selama pekerjaan konstruksi berlangsung hingga selesai, jalur cepat di lokasi ini akan ditutup dan akan dihilangkan.

Seperti keterangan tertulis yang diterima, Selasa 7 Juni 2016, jalur lambat di Jalan Sudirman menuju Gatot Soebroto akan dilakukan penyempurnaan, ke arah dinding penahan tanah.

Kedua, jalur cepat di Jalan Jenderal Sudirman dari arah Blok M menuju Jalan Gatot Soebroto atau Loop Sultan, selama pekerjaan konstruksi berlangsung, akan ditutup yang pada akhirnya akan dihilangkan. Termasuk, penyempurnaan jalan di lajur lambat ke arah dinding penahan tanah.

Kemudian, pemasangan mass concrete barrier di ruas Jalan Gatot Soebroto sebagai separator. Tujuannya untuk mencegah weavin yang disebabkan kendaraan dari jalur lambat Semanggi memotong arah, masuk ke pintu Tol Senayan.

Ketiga, jalur cepat di Jalan Gatot Soebroto dari Grogol menuju Jalan Jenderal Sudirman-Bundaran HI atau Loop Mulia, selama konstruksi berlangsung, jalur cepat akan ditutup dan pada akhirnya akan dihilangkan. Termasuk, penyempurnaan jalan di lajur lambat ke arah jalur pejalan kaki.

Keempat, jalur cepat di Jalan Gatot Subroto dari arah Cawang menuju Sudirman-Blok M atau Loop Polda Metro Jaya, selama konstruksi berlangsung hingga selesai, jalur cepat tersebut akan ditutup dan pada akhirnya akan dihilangkan. Termasuk, penyempurnaan jalan di lajur lambat ke arah jalur pejalan kaki.

Optimalisasi Rambu

Sehubungan adanya proyek Pengembangan Simpang Susun Semanggi, optimalisasi rambu lalu-lintas sebagai penunjuk informasi bagi masyarakat,  juga akan dipasang di beberapa titik strategis.

Rambu ini berisi pemberitahuan penutupan jalur cepat di empat putaran arah kawasan Semanggi mulai 6 Juni 2016. Rencananya proyek ini rampung pada medio September 2017.

Kemudian juga akan dipasang rambu informasi atau spanduk di beberapa titik strategis, yang berisi imbauan kepada para pengguna jalan atau angkutan umum, agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini