Sukses

5 Rumah Tertimbun Longsor di Bogor, 7 Keluarga Mengungsi

Menurut Ganjar, banjir tersebut terjadi menjelang berbuka puasa atau sekitar pukul 17.15 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Tanah longsor melanda di Gang Andong RT 03 RW 04, Kelurahan Pabaton,  Kecamatan Bogor Tengah. Tujuh keluarga terdampak akibat bencana alam ini.

"Lima rumah yang dihuni oleh tujuh kepala keluarga (KK) atau 30 jiwa terkena longsor," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Ganjar Gunawan saat dihubungi, Selasa (7/6/20116).

Selain itu, material longsor ini juga menyumbat aliran Kali Cibalok, sehingga menyebabkan empat rumah terendam banjir setinggi satu meter.

"Di waktu yang sama ada empat rumah di sekitar lokasi longsor, juga terendam banjir," ujar dia.


Menurut Ganjar, peristiwa tersebut terjadi menjelang berbuka puasa atau sekitar pukul 17.15 WIB.

"Sebagian mengungsi sementara ke saudara atau tetangga terdekat," kata Ganjar.

Hingga Selasa malam, tim gabungan masih mengevakuasi reruntuhan. Mereka membersihkan material longsor tebing setinggi 15 meter dan lebar sekitar 100 meter itu.

Tak hanya itu, akibat longsor ini, lima rumah terancam longsor susulan.

"Untuk sementara tebing yang longsor dan mengancam rumah warga lainnya, kami tutup dengan terpal untuk meminimalisir longsor susulan ketika diguyur hujan," jelas dia.

Ganjar mengimbau warga di permukiman padat penduduk itu, agar tetap waspada dengan situasi terkini. Terlebih wilayah Bogor masih diguyur hujan dengan intensitas sedang.

"Wilayah itu tanahnya labil, jadi warga perlu waspada," pungkas Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.