Sukses

TNI AL Masih Perbaiki Lambung Bocor KRI Pati Unus

TNI masih fokus mengeluarkan lumpur yang masuk ke dalam kapal. Agar kapal itu dapat terangkat dan kebocoran dapat diperbaiki.

Liputan6.com, Jakarta - TNI AL saat ini tengah mengupayakan perbaikan KRI Pati Unus-384 yang bocor di bagian lambung di perairan Belawan, Sumatera Utara.

"Masih berupaya menambah beberapa peralatan untuk mengoptimalkan perbaikan," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Saat ini, kata dia, pihaknya masih fokus mengeluarkan lumpur yang masuk ke dalam kapal. Agar kapal itu dapat terangkat dan kebocoran dapat diperbaiki.

"Di situ lumpurnya padat, sekarang sedang diupayakan keluarkan lumpur agar badan kapal naik," ujar dia.

Kebocoran itu, kata Edi, dipastikan bukan karena tertembak. Namun disebabkan lambung kiri haluan kapal terken benda di bawah permukaan air.

"Itu perairan dangkal, mana mungkin ditembak. Kalau ada yang mau menembak dari bawah laut, butuh kedalaman," tutup Edi.

Kebocoran KRI Pati Unus-384 diketahui pada 18.15 WIB, 13 Mei lalu, saat dia berlayar di alur pelayaran Belawan. Upaya penyelamatan badan kapal dan awak dilakukan hingga 22.25 WIB dan melibatkan berbagai unsur, di antaranya dua kapal perang TNI AL.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.