Sukses

Abdul Kharis Gantikan Mahfudz Siddiq Jadi Ketua Komisi I DPR

Mahfudz Siddiq dirotasi oleh PKS berbarengan dengan pemecatan Fahri Hamzah.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon resmi melantik Abdul Kharis Almasyhari sebagai Ketua Komisi I menggantikan Mahfudz Siddiq. Mahfudz Siddiq dirotasi oleh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berbarengan dengan pemecatan Fahri Hamzah dari PKS. Saat penggantinya dilantik, Mahfudz tidak hadir dalam rapat Komisi I DPR tersebut.

"Apakah pergantian Ketua Komisi I yang semula Mahfudz Siddiq digantikan saudara Abdul Kharis dapat disetujui?" tanya Fadli di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Anggota Komisi I DPR pun dengan serentak menjawab 'setuju'. Pelantikan ini dihadiri oleh 21 orang anggota DPR. Pemimpin Komisi I lainnya yang hadir dalam pelantikan adalah Meutya Hafidz, Asril Hamzah, dan TB Hasanuddin.


Palu rapat kemudian diserahkan secara simbolis ke Abdul Kharis oleh Fadli Zon.

"Saya ucapkan selamat khususnya ketua yang baru ditetapkan," ujar Fadli sambil menutup rapat.

Perombakan Fraksi PKS ini sudah diumumkan sejak pertengahan April 2016 lalu. Beberapa pemimpin komisi lain yang diganti pun telah dilantik.

Dari Komisi I DPR yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan komunikasi, Mahfudz kini dipindah menjadi anggota Komisi IV yang membidangi pertanian dan kehutanan.

Sebelumnya, Fraksi Partai Amanat Nasional juga melakukan rotasi beberapa anggotanya. Pada Rabu 25 Mei kemarin, Teguh Juwarno dilantik sebagai Ketua Komisi VI menggantikan Achmad Hafisz Tohir, adik Hatta Rajasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.