Sukses

Birute Mary Galdikas Raih Lifetime Achievement Liputan 6 Awards

Di usianya yang sudah 70 tahun, dia menghabiskan 45 tahun untuk menyelamatkan lebih dari 1.000 orang utan di Pulau Borneo.

Liputan6.com, Jakarta - Liputan 6 Awards 2016 SCTV memberikan Penghargaan Khusus Lifetime Achievement kepada seorang pejuang penjaga kelestarian orangutan di Kalimantan. Dialah Birute Mary Galdikas.

Birute Mary Galdikas adalah pendiri Orangutan Foundation Internasional. Di usianya yang sudah 70 tahun, dia menghabiskan 45 tahun untuk menyelamatkan lebih dari 1.000 orangutan di Pulau Borneo.

Keprihatinanlah yang mendorongnya berupaya menjaga populasi orangutan. Orangutan tanpa induk pun dilatih di yayasan tersebut hingga siap dilepas ke hutan belantara.

Dia juga membangun rumah sakit orangutan lengkap dengan kamar operasi dan laboratorium. Dia juga menginisiasi penanaman 2,5 juta pohon di hutan Borneo atau Kalimantan.

Perempuan kelahiran Jerman yang kini telah menjadi warga negara Indonesia atau WNI itu mengatakan, dukungan sang suami yang merupakan orang asli Kalimantan, memiliki andil besar dalam upayanya melestarikan orangutan.

Dia pun menjelaskan bahwa orangutan memiliki kesamaan genetik dengan manusia hampir 100 persen. Oleh karena kemiripan itu, manusia harus makin menyadari bahwa perlindungan terhadap orangutan menjadi penting.

"Orangutan merupakan saudara sepupu kita. Mereka punya zat generik 97 persen sama seperti manusia," tutur Birute Mary Galdikas di Studio 6 Emtek City, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (26/5/2016) malam.

Dia pun berpesan untuk seluruh masyarakat Indonesia, untuk saling membantu dalam upaya pelestarian hewan primata itu.

"Mari kita semua ikut melestarikan hutan Kalimantan dan Sumatera. Adalah tragedi besar kalau orangutan akan musnah. Thank you," dia memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.