Sukses

BNN: Upah Kurir Narkoba di Indonesia Sangat Murah

Kurir narkoba dari WNI diberi upah Rp 3 juta, sementara jika warga negara asing US$ 10 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Sindikat narkotika baik lokal maupun internasional memanfaatkan banyak warga Indonesia untuk dijadikan kurir. Salah satu alasannya, kurir narkoba Indonesia bersedia dibayar murah meski risiko pekerjaan mereka adalah nyawa.

"Saya ingin tegaskan bahwa ongkos kurir di Indonesia dibandingkan kurir lain di luar negeri paling murah," ungkap Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Arman Depari di Gedung BNN, Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Selasa 24 Mei 2016.


Arman Depari mengungkapkan selisih upah kurir Indonesia dan luar negeri sangat signifikan. Sebagai ganti dari upah mahal, sindikat biasanya memfasilitasi kurir dengan penginapan gratis.

"Di sini sekali berangkat (upahnya) Rp 3 juta. Padahal di luar (negeri) standarnya US$ 10 ribu. Mereka (kurir) biasanya diberikan fasilitas penginapan dan tiket hotel," kata Arman.

Jika tertangkap, para kurir narkoba itu dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2), 112 Ayat (2) Jo 132 Ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya adalah mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini