Sukses

Mengenal Teknologi M2C Polda Metro Jaya Karya Kombes M Iqbal

Teknologi yang dibangun mengukur sejauh mana peran Polsek dan Polres dalam melayani masyarakatnya.

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengganjar Komisaris Besar Mohammad Iqbal selaku Kepala Bidang Humas terbaik dari 34 Polda yang ada di Indonesia. Adalah inovasi teknologi Management Media Center (M2C) yang mengantarkan Perwira menengah lulusan Akademi Kepolisian 1991 ini meraih penghargaan tersebut.

M2C merupakan sistem berteknologi tinggi, di mana polisi dapat mengukur pemberitaan dengan berbagai klasifikasi. Misalnya, isu berita terbanyak ditulis media per periode hari, pekan, dan bulan. Teknologi ini juga mengukur polisi yang paling aktif memberikan pernyataan, media yang paling banyak memberitakan kepolisian dan sebagainya.

Iqbal mengatakan, dengan inovasi tersebut membuatnya dapat mengintegrasikan fungsi kehumasan dalam sistem M2C, yang membuatnya dapat mengetahui isu-isu hukum dan perkotaan terkait kepolisian di Polda Metro Jaya. Selain M2C inovasi lain adalah membangun Intelegent Media Management.

"Parameter penilaian adalah public speaking yang baik, dapat bermitra dengan awak media, proaktif dalam tugas kehumasan, inovatif dan masif dalam pemberitaan di media-media," kata Iqbal saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (29/3/2016).

Tak hanya itu, seluruh Polsek dan Polres di jajaran Polda juga diwajibkan menulis berita terkait kegiatan mereka di M2C sehingga masyarakat dapat mengikuti perkembangan kinerja kepolisian.

"Sub bagian Humas Polsek dan bagian Humas Polres diukur kinerjanya dengan parameter keaktifan memberi informasi ke masyarakat," ujar Iqbal.

M2C hadir dalam rupa aplikasi di Google Playstore yang dapat diunduh seluruh masyarakat. Masyarakat dapat membaca berita-berita di wilayah hukum Polda Metro Jaya dan para pemburu berita pun dapat mengetahui agenda acara di Polda Metro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini