Sukses

VIDEO: Diterjang Longsor, 25 Rumah di Banjarnegara Nyaris Roboh

Bencana longsor akibat hujan deras dan angin kencang yang melanda Banjarnegara.

Liputan6.com, Banjarnegara - Hujan deras disertai angin kencang di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menyebabkan longsor. Sementara di Tulungagung, Jawa Timur, tebing bukit yang longsor menimpa rumah warga dan menutup akses jalan desa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (25/3/2016), bencana longsor akibat hujan deras dan angin kencang yang melanda Banjarnegara, Jawa Tengah, menimpa 25 rumah. 3 Rumah di antaranya rusak parah dan nyaris roboh.

Tanah ambles seluas sekitar satu hektare itu terjadi di Desa Clapar, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara. Bencana tanah longsor tersebut sempat membuat warga panik.

Warga kini mengungsi ke sejumlah tempat dan bersama tim SAR dari BPBD Kabupaten Banjarnegara, mereka melakukan pembersihan rumah warga yang rusak.

Sementara di Tulungagung, Jawa Timur, hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Pagerwojo menyebabkan tebing bukit setinggi 10 meter longsor dan menimpa 5 rumah warga.

2 Rumah warga mengalamo dampak kerusakan paling parah akibat tertimpa tanah longsor itu. Dinding bagian belakang rumah jebol.

Selain itu, longsor juga menghancurkan seluruh perabotan rumah.

Warga sekitar dibantu anggota TNI dan polisi, bergotong royong membersihkan tanah longsor dan membersihkan puing rumah yang roboh.

Selain menimpa rumah warga, bencana longsor juga menimpa jalan desa. Kendati, longsoran tidak menutup seluruh badan jalan sehingga jalan masih dapat digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.