Sukses

7-2-2005: Wanita Pemecah Rekor Berlayar Keliling Dunia Tercepat

Ellen MacArthur berhasil memecahkan rekor sebagai wanita tercepat yang mengarungi samudera untuk keliling dunia'

Liputan6.com, London - Seorang wanita dan masih muda membuat prestasi yang dicapainya begitu mengesankan. Perempuan asal Inggris, Ellen MacArthur berhasil memecahkan rekor sebagai wanita tercepat yang mengarungi samudera untuk keliling dunia.

Seperti dimuat BBC on This Day, tepat pada 7 Februari 2005, MacArthur berhasil menyelesaikan pelayaran keliling dunia dalam waktu 71 hari 15 jam. Dia berhasil mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, seorang pria Prancis bernama Joyon yang berlayar selama 72 hari 22 jam 54 menit 22 detik.

"Lelahku terbayarkan dengan rekor yang kucapai ini," ucap MacArthur. "Ini benar-benar sulit dipercaya, dan aku berhasil."

Wanita berambut pendek ini mengaku bahwa pelayarannya begitu berat. Tapi ia mengaku tetap optimistis dan relaks demi mencapai tujuan. "Aku terus berusaha tetap berpikir positif sehingga semuanya berjalan lancar."

Prestasi ini bukanlah yang kali pertama diukir Ellen MacArthur. Sebelumnya pada Februari 2001, ia dinobatkan sebagai wanita termuda dan tercepat yang berlayar sendirian mengelilingi dunia.

Atas pencapaiannya itu, Ellen mendapat gelar kehormatan Damehood dari Kerajaan Inggris.

Penghargaan tersebut memacu semangat Ellen untuk kembali memecahkan rekor. Seperti pada Mei 2005, ia memecahkan rekor dengan berlayar sendiri sejauh 284 mil dari St Nazaire ke St Malo, Prancis.

Kemudian, bersama 4 krunya, Ellen memecahkan rekor kelimanya dalam ajang pelayaran Asian Record Circuit.

Sejarah lain mencatat pada 8 Februari 2009, musibah menimpa Australia. Kebakaran hutan di kawasan Victoria telah menyebabkan 173 korban jiwa yang menjadi bencana alam terburuk dalam sejarah Negeri Kanguru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini