Sukses

Hidayat Nur Wahid: KMP Belum Bubar

Partai Gerindra menyatakan Koalisi Merah Putih atau KMP telah ditinggalkan sejumlah partai pendukungnya.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra menyatakan Koalisi Merah Putih atau KMP telah ditinggalkan sejumlah partai pendukungnya. Bahkan, belakangan ada kabar berhembus jika KMP telah bubar.

Namun, Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid membantahnya. "Kami menegaskan bahwa belum ada deklarasi bahwa KMP bubar. Masih ada PKS dan Gerindra di sana (KMP)," ungkap Hidayat di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Hidayat juga mengaku tidak mendengar langsung dari Ketua Umum Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie atau pun Ketua Umum PPP Djan Faridz yang mengatakan Golkar dan PPP keluar dari KMP.

"Sampai saat ini PKS ada di situ, Gerindra ada di situ, dan belum ada pernyataan keluar dari KMP baik Aburizal Bakrie maupun Pak Djan Faridz," ucap Hidayat.

Penyataan Bubar itu, lanjut Hidayat, bukan kenyataan sepihak karena saat tanda tangan kemarin Deklarasi KMP adalah ketua-ketua partai. "Ketua presidiumnya Aburizal Bakrie dan Aburizal Bakrie meskipun menyatakan bahwa Golkar mendukung pemerintah tapi belum menyatakan bahwa KMP bubar," ujar Wakil Ketua MPR itu.

Menurut Hidayat, kalau pun KMP bubar, pasti nanti akan dibicarakan, tidak mungkin diam-diam saja. "Kalau pun (KMP) bubar nanti, pasti akan secara terbuka, enggak diam-diam. Pastilah nanti ada mekanisme untuk menyatakan KMP ke depan bubar atau tidak," papar Hidayat.

"Yang paling penting peran KMP di parlemen yang mengokohkan sistem check and balances karena demokrasi memerlukan itu," jelas Hidayat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini