Sukses

Hadiri Pameran Foto, Jokowi Puji Foto Jurnalis Liputan6.com

Menurut Jokowi lebih banyak kegiataan yang bisa diabadikan di luar Istana, karena ia menghabiskan lebih banyak waktu di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Presiden Joko Widodo menghadiri acara pameran foto Setahun Jokowi-JK yang digelar oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) di Museum Bank Mandiri, Jakarta. Dalam kesempatan itu, Jokowi melihat-lihat langsung hasil karya para jurnalis foto yang biasa meliput kegiatannya, baik di Istana Kepresidenan maupun saat berada di lapangan.

Jokowi pun menyebut pewarta foto, khususnya yang biasa bertugas di Istana Kepresidenan yang juga anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) yang ikut berpameran, nakal-nakal saat mengabadikan fotonya.

"Kalau di kantor ya mau difoto apanya. Kita 70% di lapangan, foto apa pun yang kayak foto ini bawa sepatu saya enggak sadar, yang moto juga nakal-nakal, mungkin dari jauh," ucap Presiden Jokowi setelah meninjau pameran, Jumat‎, (18/12/2015).

Ia mengatakan, banyak momen selama setahun ini termasuk di sudut-sudut Istana yang diabadikan dalam foto. Namun, menurutnya lebih banyak kegiataan yang bisa diabadikan di luar Istana, karena ia menghabiskan lebih banyak waktu di lapangan.

"Ya banyak saat kita di lapangan, proyek atau program yang luput dari pengamatan, dibidik cantik, ada yang dekat, jauh, menghasilkan hasil yang sangat banyak memang memberikan kesan," ucap Jokowi.‎‎

Lalu,‎ dari 80 foto yang dipamerkan, mana foto yang paling berkesan? Jokowi mengaku sangat terkesan dan menyukai foto karya Faizal Fanani, jurnalis foto Liputan6.com yang diambil saat melakukan Blusukan di kawasan Petamburan, Jakarta Barat.‎

Foto karya jurnalis yang biasa meliput di Istana Kepresidenan itu memuat gambar seorang anak berpose di belakang mobil dinas Presiden, tepat disamping pelat nomor RI 1. Sang anak berpose dan memamerkan senyumnya. Sementara, seorang dewasa tampak mengambil foto anak tersebut. ‎

 Baca Juga


"Foto yang anak kecil yang itu. Enggak bisa foto sama saya, foto sama mobilnya enggak apa-apa," kata Jokowi sambil tertawa. ‎

Seorang anak berpose di belakang mobil yang digunakan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara saat blusukan ke Kedoya dan Petamburan, Jakarta, Selasa (1/9/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani) Menurutnya, foto-foto yang dipamerkan sudah cukup baik dan cukup lengkap menggambarkan bagaimana kinerja Kabinet Kerja selama satu tahun dipimpin olehnya. ‎

Presiden hadir pada acara itu sekitar pukul 18.00 WIB atau terlambat dua jam dari yang dijadwalkan karena masih menggelar rapat di Istana.

80 Foto Terpilih Dipamerkan

Ketua Panitia Pameran Randy Tri Kurniawan mengatakan pameran foto menampilkan berbagai potret kegiatan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta sejumlah menteri Kabinet Kerja selama satu tahun dari mulai 20 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2015.

"Pameran foto ini adalah karya dari pewarta foto yang biasa meliput di Istana Kepresidenan dan juga fotografer seluruh Indonesia yang telah lolos kurasi atau seleksi," ujar Randy.

Sekitar 560 karya foto jurnalistik telah diterima panitia dari para pewarta foto seluruh Indonesia. "‎Ada 121 karya foto terpilih untuk ditampilkan dalam katalog dan dari jumlah itu 80 karya foto terpilih untuk dipamerkan," ucap Randy.
‎‎
Hasil karya para pewarta foto ini akan dipamerkan untuk umum selama 7 hari ke depan sampai tanggal 24 Desember 2015. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini