Sukses

Kaleidoskop News Januari 2015: Kisah Sedih AirAsia QZ8501

Berita kisah seputar kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 menarik perhatian pembaca Liputan6.com sepanjang Januari 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah sedih mengawali awal tahun 2015. Pesawat AirAsia QZ8501 dari Surabaya tujuan Singapura kecelakaan pada Minggu 28 Desember 2014 pagi. Pesawat tersebut jatuh di Selat Karimata.

Pencarian besar-besaran dilakukan dengan melibatkan banyak pihak di bawah kendali Badan SAR Nasional (Basarnas). Negara-negara tetangga turut membantu pencarian penumpang dan badan pesawat nahas itu.

Berita seputar kecelakaan pesawat nahas itupun menarik perhatian pembaca Liputan6.com sepanjang Januari 2015.

Seperti kisah petugas Komite Nasional Keselamatan‎ Transportasi (KNKT) mendengarkan rekaman kotak hitam pesawat untuk diinvestigasi, pesan cinta pramugari AirAsia QZ 8501 untuk kekasihnya, hingga teori penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Berikut 6 berita yang menjadi perhatian pembaca Liputan6.com pada Januari 2015:

1. Kisah Petugas KNKT Dengarkan Rekaman Mengerikan dari Black Box


 Sebuah Flight Data Recorder (FDR) ikut ditampilkan saat Ketua KNKT Tatang Kurniadi memberikan penjelasan tentang instrumen yang ada dalam kotak hitam (Black Box) di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng, Selasa (13/1/2015).(Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Mendengarkan percakapan pilot dan kopilot di kabin kokpit menjadi bagian penting dalam menginvenstigasi penyebab terjadinya kecelakaan pesawat. Tugas investigasi itu berada di tangan Komite Nasional Keselamatan‎ Transportasi (KNKT).

Investigator KNKT Nurcahyo Utomo mengakui, tugasnya mendengarkan percakapan pada detik-detik terakhir sebelum kecelakaan membuatnya merinding karena pikirannya dipaksa untuk membayangkan bagaimana posisi seorang pilot atau kopilot yang sudah mengetahui akan celaka.

Selengkapnya...

2. Pesan Cinta Pramugari Cantik AirAsia dari Ketinggian 38.000 Kaki


Pramugari AirAsia QZ8501 Khairunnisa. (Instagram)

11 hari sebelum menunaikan tugas terakhirnya sebagai pramugari AirAsia QZ8501 pada Minggu 28 Desember 2014, Khairunnisa Haidar Fauzi menuliskan pesan cinta kepada sang kekasih. Dari ketinggian 38.000 kaki di atas permukaan laut.

"I love you from 38.000 ft," demikian tulisan dalam foto yang ia unggah di akun Instagramnya pada Rabu 17 Desember 2014.

Selengkapnya...

3. 6 Teori Jatuhnya AirAsia QZ8501

Ilustrasi Pesawat AirAsia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Pesawat AirAsia QZ8501 jatuh pada Minggu 28 Desember 2014. Mengapa pesawat yang mengangkut 162 orang tersebut bisa jatuh ke perairan Selat Karimata, antara Pulau Belitung-Sumatera dan Pulau Kalimantan?

Banyak analisis yang mencuat dari ahli penerbangan. Tapi satu yang pasti. Kebenaran soal jatuhnya pesawat rute Surabaya-Singapura itu baru bisa diungkap melalui black box atau kotak hitam yang terdiri dari cockpit voice recorder (CVR) atau percakapan di kokpit dan flight data recorder (FRD) atau rekaman data penerbangan.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telepon Misterius Penumpang AirAsia

4. 13 Orang Melompat Sesaat Sebelum Pesawat Jatuh ke Air


Pesawat yang jatuh di air (Twitter New Zealand Herald)

Sebanyak 13 orang selamat dari maut dalam kecelakaan pesawat PAL 750XL yang ditumpangi di Selandia Baru. Mereka terjun dengan parasut dan sukses mendarat sebelum pesawat jatuh ke danau.

Mereka melompat keluar dari pesawat setelah mengetahui ada masalah sekitar pukul 12.55 waktu setempat. Mereka yang ada dalam pesawat memang berencana terjun payung dari ketinggian 12.000 kaki ke 15.000 kaki. Difasilitasi perusahaan Skydive Taupo.

Selengkapnya...

5. Telepon Misterius dari Nomor Penumpang AirAsia


Ilustrasi Pesawat AirAsia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Telepon misterius berdering ke ponsel seorang keluarga korban AirAsia QZ8501. Yang mengejutkan, nomor si penelepon persis sama seperti salah satu kerabat yang ikut menjadi penumpang pesawat nahas tersebut.

Namun saat hendak diangkat, sambungan terputus. Dan ketika dihubungi lagi, nomor telepon tersebut sudah tak aktif lagi. Demikian diungkapkan Ketua Tim DVI Jatim dan Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol Budiyono.

Selengkapnya...

6. Kisah Penyelam Pencari AirAsia Lawan Predator dan Ganasnya Alam

Cuaca buruk membuat Tim SAR menunda pencarian untuk sementara waktu, Perairan Pangkalan Bun, Kalteng, Minggu (4/1/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pencarian korban dan bangkai Pesawat AirAsia QZ8501 segera dilakukan begitu pesawat tersebut celaka. Para petugas penyelamat yang berasal dari Tim SAR Gabungan harus berjibaku mencari black box atau kotak hitam pesawat dan 125 penumpang pesawat yang hilang pada Minggu 28 Desember 2014.

Menyelam ke dasar laut, apalagi di bulan-bulan cuaca sedang tidak bersahabat seperti saat ini, bukanlah perkara mudah. Saat pencarian, kondisi perairan di bagian utara Laut Jawa dekat Selat Karimata, ganas dan tidak bersahabat.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini