Sukses

Hening di Paris... Lalu, 'Sumpah Balas Dendam' ke ISIS Diucapkan

Upacara penghormatan para korban teror Prancis digelar Jumat kemarin, 2 pekan setelah antek ISIS menyerang Paris.

Liputan6.com, Paris- Pada Jumat 27 November 2015, warna biru, putih, dan merah mendominasi Prancis. Simbol patriotisme dan penghormatan pada 130 korban teror yang terjadi 2 minggu lalu di Paris.

Sekitar 2.600 tamu menghadiri upacara penghormatan untuk para korban yang digelar di pusat Kota Paris. Termasuk Presiden Francois Hollande, mereka yang selamat dari teror, dan keluarga yang kehilangan orang-orang terkasih.

Mengheningkan cipta digelar selama semenit. Semua orang pun terdiam saat nama-nama para korban dibacakan. Dari Stephane Albertini (39) hingga Stella Verry (37).

Masih lekat dalam ingatan warga Prancis, kengerian yang terjadi pada Jumat, 13 November 2015 malam. Enam serangan teror dilakukan relatif serentak di wilayah ibu kota dan sekitarnya.

Para penyerang yang membawa senapan tempur AK, mengenakan rompi atau sabuk berisi bahan peledak, menebar angkara. ISIS ternyata di balik teror itu.

Sejumlah korban yang selamat dari teror datang ke upacara peringatan menggunakan kursi roda. Sementara petugas ambulans dan pemadam kebakaran mengenakan seragam saat menghadiri upacara yang digelar selama 45 menit di alun-alun bersejarah Les Invalides.

Korban selamat teror Paris menghadiri upacara menggunakan kursi roda (AFP)


"Mereka semua adalah simbol Prancis. Para korban ditembak mati karena mereka memilih merdeka," kata Presiden Hollande dalam pidatonya, seperti dikutip dari CNN, Sabtu (28/11/2015).



Hollande juga menyampaikan duka cita dan simpati pada keluarga korban. "Pada mereka yang tak lagi bisa melihat buah hati mereka. Untuk anak-anak yang terpaksa tumbuh tanpa didampingi orangtuanya..."

Presiden Prancis juga menegaskan pihaknya tak akan tinggal diam.

Presiden Prancis Francois Hollande di parlemen. (Reuters)


"Saya berjanji pada Anda semua dengan sungguh-sungguh, Prancis akan melakukan segala cara untuk menghancurkan mereka yang melakukan kejahatan ini," dia menegaskan kepada keluarga korban.

"Itu akan dilakukan tanpa henti, untuk melindungi anak-anaknya (rakyat Prancis)."

Sejak 13 November yang nahas itu, Prancis telah mengobarkan perang pada ISIS. Hollande bersumpah akan menghancurkan kelompok militan itu.

Senin lalu, jet-jet tempur Prancis menyerang ISIS dari kapal induk Charles de Gaulle.

Diplomasi juga dilakukan untuk menggalang dukungan menghancurkan ISIS. Hollande melakukan pertemuan dengan PM Inggris David Cameroon dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Prancis juga bertemu dengan Barack Obama, Kanselir Jerman Angle Merkel, dan PM Italia Matteo Renzi.

Warna biru, merah, dan putih mendominasi Prancis pada Jumat 27 November 2015 (AFP)


Keluarga korban teror Paris yang berasal dari Inggris, Nick Alexander, juga hadir dalam upacara tersebut.

"Luapan cinta dari seluruh dunia menenangkan hati kami. Membuat kami bangga memiliki Nick sebagai anak kami," kata mereka.  (Ein/Bob)**


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini