Sukses

Alasan Tanggal Lahir Pak Raden Jadi Hari Dongeng Nasional

Ide menjadikan hari dongeng nasional direncanakan dalam waktu cukup singkat. Selama 2 pekan saja.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia baru saja kehilangan tokoh besar. Tokoh itu adalah Suyudi atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Raden.

Pak Raden merupakan salah satu pendongeng terkenal di Indonesia. Demi mengenang jasa dia, Forum Dongeng Indonesia menjadikan tanggal kelahirannya, 28 November jadi Hari Dongeng Nasional.

Menurut salah seorang pendiri Forum Dongeng Nasional, Mochamad Aryo Zidni, dipilihnya Pak Raden didasari alasan tepat.

"Pak Raden itu seniman lengkap, menulis cerita, membuat ilustrasi cerita dan menceritakan," ucap Aryo di Kementerian Pendidikan Nasional, Sabtu (28/11/2015).

"Jadi Pak Raden seniman lengkap banyak orang yang tahu. Cerita-cerita dia juga melegenda," sambung dia.


Aryo menambahkan, ide menjadikan hari dongeng nasional direncanakan dalam waktu cukup singkat. Selama 2 pekan saja.

Selain mengungkap alasan kenapa hari lahir Pak Raden yang dipilih, Aryo juga berharap hari dongeng nasional bisa mendorong agar budaya mendongeng tidak hanya dilakukan oleh penggiat dongeng. Namun, oleh semua pihak.

"Harapan kita pendeklarasikan ini kita orangtua akan mendongeng pada anaknya di rumah dan guru akan mendongeng anak-anak di sekolah," tutur dia.

"Kita akan mendorong agar banyak masyarakat untuk mendongeng," pungkas Aryo. (Ron/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini