Sukses

Seskab: Jokowi Akan Dijaga Ekstra Ketat Selama di Paris

Jokowi dan 130 kepala negara lainnya akan berada di kota Paris, Prancis untuk membahas persoalan iklim dan global warming.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan hadir dalam Conference of the Parties (COP) 21, atau Konferensi tingkat tinggi perubahan iklim yang berlangsung di Paris, Prancis pada 30 November 2015.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Paris yang baru saja diserang sekelompok teroris akan memberikan pengamanan ekstra ketat di forum internasional ini.  

"Karena yang datang kepala-kepala negara yang sangat berpengaruh di dunia global. Ada Obama, Putin, Xi Jinping juga para kepala negara lainnya termasuk Presiden Jokowi, tentu akan dijaga ekstra ketat," ujar Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, (27/11/2015).  

‎Secara khusus, lanjut Mantan Sekjen PDI Perjuangan ini, Prancis akan memberikan jaminan aman sebelum COP 21 ini. "Yang jelas penjagaan masuk Paris akan sangat ketat," ujar Pramono.

Menurut Pramono, walau pertemuan tersebut akan membahas mengenai masalah perubahan iklim global, namun kedatangan para kepala negara ke Paris akan berdampak pada keamanan global dan menjadi simbol perlawanan terhadap terorisme.

"Kehadiran kepala-kepala negara ini sekaligus dukungan moral. Walaupun COP 21 membahas soal karbon emisi dan menurut saya kehadiran ini sangat positif bagi kebersamaan memerangi terorisme dan radikalisme," ucap Pramono.

Pramono juga menuturkan, saat ini sudah ada 130 Kepala negara yang mengkonfirmasi akan hadir dalam pertemuan tersebut. Sementara itu, Presiden Jokowi rencananya akan mengikuti acara tersebut selama satu hari penuh.

"Memang presiden akan berangkat hari minggu, rencananya kembali ke Jakarta pada Rabu siang. Acara sebenarnya satu hari penuh betul-betul padat," pungkas Pramono. (Dms/Dry)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini