Sukses

Usai Long March, Buruh Berkumpul di Tugu Proklamasi

Para buruh yang sebelumnya menginap di Balai Rakyat Cakung, Jakarta Timur ini menggelar long march sejak pukul 08.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan buruh yang memprotes upah murah kini berada di tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Mereka baru usai long march dari kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Massa dari berbagai elemen buruh asal Bekasi, Jakarta, Tangerang, dan Bandung itu memenuhi area Tugu Proklamasi.

"Kita rapatkan barisan, jangan gentar kawan. Kibarkan bendera dan panji kita sebagai penghormatan kepada rekan kita yang long march," teriak seorang buruh, Jumat (20/11/2015).

Di antara mereka ada yang membentangkan spanduk bertuliskan "Tolak PP No 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan".

"Kita satukan tujuan bahwa PP Nomor 78 itu memiskinkan rakyat Indonesia," timpal dia.


Para buruh yang sebelumnya menginap di Balai Rakyat Cakung, Jakarta Timur ini menggelar long march sejak pukul 08.00 WIB. Mereka sempat menyebarkan selebaran berisi ajakan mogok di Kawasan Industri Cakung dan Pulogadung, Jakarta Timur.

Dalam tuntutannya, mereka mendesak pemerintah, khususnya Kementerian Tenaga Kerja mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Usai berkumpul di Tugu Proklamasi, para buruh rencananya melakukan konsolidasi di kantor Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Condet, Jakarta Timur malam ini. Sementara polisi terus mengawal aksi ini mulai pagi hingga sore. (Rmn/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini