Sukses

Bagi Baasyir, ISIS Sudah Selesai

Hal ini dia katakan menyusul serangan di Paris beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar bin Abud Baasyir mengatakan bahwa saat ini Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sudah tidak ada lagi.

Hal ini dikatakan pengacaranya, Achmad Michdan ketika keduanya bertemu dan berbicara soal aksi terorisme di Paris, Perancis pada Jumat 13 November 2015.

"Terakhir saya ke sana (mengunjungi Baasyir) pekan lalu beliau bilang tidak ada lagi komentar soal ISIS. ISIS is closed. Itu dia sampaikan ke saya," kata Achmad di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Achmad menjelaskan, bahwa gerakan ISIS menurut Baasyir sudah tidak ada lagi.

"Menurut beliau, persoalan ISIS sudah tidak ada lagi dan beliau mengatakan bahwa itu sudah clear. Dapat clearance dari beberapa tokoh di Suriah sana, dikatakan bahwa ISIS adalah bukan kelompok dari masyarakat. Bahkan mereka mempertanyakan, ISIS itu bukan peranan warga negara Suriah katanya," jelas dia.

Meski menyatakan sikap seperti itu, Achmad menampik bahwa Ba'asyir mendapatkan informasi saat di dalam bui. "Sudah menyatakan dia sama sekali tidak ada informasi yang jelas. Dia saja ada di dalam," ujar Achmad.

Meski mengisyaratkan menolak, Achmad menegaskan belum ada imbauan bahwa Ba'asyir meminta warga Indonesia menolak kehadiran ISIS.

"Belum sampai tahap itu. Tapi pada intinya masalah ISIS dia anggap sudah kelar. Beliau enggak mau komen soal itu lagi," kata Achmad. (Nil/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.