Sukses

Pohon Kepuh Saksi Bisu Kejayaan Mpu Sendok

Pohon kepuh yang berusia 500 tahun menjadi bagian dari peninggalan sejarah Candi Lor di Nganjuk, Jatim. Warga sekitar tak berani menaiki atau mengambil dahan pohon keramat itu.

Liputan6.com, Nganjuk: Indonesia terkenal dengan keanekaragaman peninggalan sejarah dari sejumlah kerajaan. Tengok saja, pohon kepuh berusia 500 tahun yang masih berdiri kokoh di antara bangunan Candi Lor peninggalan Mpu Sendok --929-947 Masehi-- Desa Candi, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Warga sekitar menganggap pohon tersebut diselimuti kekuatan gaib.

Menurut pemantauan SCTV, baru-baru ini, tinggi pohon kepuh tua yang tumbuh condong itu sekitar 30 meter dengan kemiringan sekitar 60 derajat dan diameternya diperkirakan mencapai empat meter. Kendati tampak masih kokoh, masyarakat sekitar tak berani mencoba naik atau mengambil dahan maupun ranting pohon kepuh. Soalnya, masyarakat sekitar khawatir terjadi bencana yang bakal menimpa diri dan keluarga mereka.

Menurut seorang penjaga Candi Lor, pada hari-hari tertentu, seperti bulan Suro, candi peninggalan Mpu Sendok akan penuh dengan tamu yang berasal dari beberapa daerah, di antaranya Solo, Yogjakarta, dan Bali mengadakan acara ritual keagamaan. Candi yang ditemukan pada 1937 memiliki tiga nama yakni, Candi Lor, Boto karena terbuat dari batu bata, dan Tugu Kemenangan. Di sebut tugu kemenangan lantaran sebagai simbol kedigjayaan Mpu Sendok saat berperang melawan musuh-musuhnya.

Penjaga itu menambahkan, kendati tampak tak terawat, Candi Lor akan terus dipertahankan keasliannya. Soalnya, Candi Lor mempunyai daya tarik tersendiri. Misalnya, Candi Lor adalah cikal bakal daerah Anjuk Ladang atau dikenal dengan nama Ngajuk. Selain itu, di sisi candi terdapat dua makam abdi kinasih atau penunggu candi, yakni Eyang Kerto dan Eyang Kerti. Konon, kedua abdi itu dipercaya Mpu Sendok untuk menjaga Candi Lor.(ORS/Agus Ainul Yaqin dan Danang Sumirat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini