Sukses

Mengapa Tak Ada Hujan di Wilayah Bencana Asap?

BNPB menjelaskan bagaimana hujan tak terbentuk di wilayah bencana asap

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, intensitas hujan di hampir seluruh wilayah Indonesia, rendah. Terutama di daerah-daerah yang dilanda bencana kabut asap.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho pun menjelaskan penyebab tak turunnya hujan di daerah itu.

Menurut dia, kondisi perairan laut, cuaca dan atmosfer di Indonesia saat ini memang kering.

"Apalagi ada siklon tropis di Filipina yang menarik massa uap air di wilayah Indonesia dan menyebabkan awan-awan tidak terbentuk," kata Sutopo dalam siaran persnya, Kamis (22/10/2015).

Apalagi, lanjut dia, partikel asap yang melayang di atmosfer juga menyerap uap air sehingga awan tidak terbentuk. "Jika pun ada awan sifatnya mandul, tidak menghasilkan hujan," kata Sutopo.

Beberapa wilayah yang terkena bencana asap di antaranya Sumatera Selatan, Sumatera Utara, hampir seluruh Kalimantan, Riau, dan kini merambat ke Maluku serta Papua.

Bahkan tak adanya hujan menyebabkan angin yang kencang dan matahari terik memudahkan api menjalar ke hutan yang tak terbakar. (Nil/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini