Sukses

AS Beri Kompensasi untuk Korban Serangan Udara RS Kunduz

Mereka yang terluka dalam serangan dan keluarga korban yang tewas memenuhi syarat untuk pembayaran belasungkawa dari AS.

Liputan6.com, Kunduz Pentagon menyatakan akan membayar kompensasi bagi korban tewas dan terluka dalam serangan Amerika Serikat ke Rumah Sakit Medecins Sans Frontieres (MSF) Afghanistan bagian utara.

Mereka yang terluka dalam serangan dan keluarga korban tewas telah memenuhi syarat untuk pembayaran belasungkawa dari AS.

"Departemen Pertahanan percaya adalah penting untuk bertanggung jawab atas konsekuensi dari insiden tragis di rumah sakit MSF," kata juru bicara
Pentagon, seperti dikutip dari BBC, Minggu (11/10/2015).

AS juga menggelontorkan dana untuk memperbaiki rumah sakit tersebut.

Setidaknya 22 staf dan pasien di RS itu tewas dalam pemboman di Kota Kunduz seminggu yang lalu. AS juga mengatakan serangan itu merupakan kesalahan dan serangan ditargetkan untuk Taliban.

MSF menyebut serangan itu sebagai kejahatan perang dan menyerukan komite internasional untuk menyelidiki.

Presiden Obama telah meminta maaf kepada presiden MSF secara pribadi, juga kepada pemimpin Afghanistan atas insiden tersebut.

Sementara, MSF masih berusaha untuk melacak lebih dari 30 staf dan pasien yang masih belum ditemukan. (Rie/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini