Sukses

Redakan Kabut Asap, Australia Kirim Pesawat Superbesar

Pesawat ini mampu angkut 15 ton air untuk memadamkan kebakaran hutan di Sumatera Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Bantuan negara asing terhadap bencana kebakaran hutan di tanah air terus berdatangan. Kali ini, uluran tangan  datang dari Australia.

Bantuan dari Negeri Kanguru ini disampaikan langsung oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson. Diplomat senior tersebut mengatakan bantuan dari negaranya dikerahkan sesuai dengan permintaan dari pemerintah Indonesia.

Permintaan itu, kata Grigson, disambut gembira negaranya. Sebab, sudah jadi kewajiban Australia untuk membantu Indonesia dalam masalah penanganan asap.

"Australia sangat senang bisa membantu Indonesia dalam waktu ini," ujar Grigson di Kantor BNPB di Jakarta, Minggu (11/10/2015).

Dia menyebut Australia tidak akan tanggung-tanggung membantu Indonesia. Rencananya, pesawat superbesar yang bisa mengangkut ribuan ton air akan dikerahkan.

"Kami siap mengerahkan pesawat yang sangat besar L-100 hercules pesawat ini akan menurunkan 15 ton air," sebut Grigson.

Dubes yang baru bertugas hampir setahun ini menambahkan, pesawat itu dijadwalkan tiba pada Selasa atau Rabu pekan depan. Nantinya Hercules itu ditugaskan untuk memadamkan kebakaran hutan di wilayah Sumetera Selatan.

"Tim advanced akan kami kerahkan pada hari ini dan pesawat akan tiba beberapa hari lagi," jelas Grigson.

"Kami begitu menantikan bekerja sama dengan Indonesia untuk mengatasi masalah (kebakaran hutan dan kabut asap) ini," lanjut dia. (Bob/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.