Sukses

Anggota DPR Diduga Aniaya PRT Dilaporkan ke MKD

Politisi PPP Ivan Haz dianggap Elpapi telah melanggar pasal 3 ayat 1, ayat 2 dan ayat 4 Peraturan DPR RI tentang kode etik.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Perlindungan Anak dan Perempuan Indonesia (Elpapi) melaporkan anggota DPR Fanny Safriansyah alias Ivan Haz, ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

Politisi PPP itu diduga melakukan pelanggaran kode etik karena telah menganiaya pembantu rumah tangganya yang bernama Toipah. Pelaporan dilakukan oleh Wakil Sekretaris Elpapi Dwi Nurdiansyah Santoso kepada Sekretariat MKD, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Dalam pelaporannya, Dwi membawa bukti berupa 1 bundel pelaporan dan sejumlah berita media online‎ terkait dugaan penganiayaan yang dilakukan anak mantan Wakil Presiden Hamzah Haz.

"Dia bukan hanya orang biasa tapi anggota dewan. Kami prihatin kenapa bisa sampai ada kejadian seperti ini. Sikap itu juga tidak menunjukkan bahwa dia berasal dari partai Islam," ujar Dwi usai menyampaikan laporannya.

Menurut Dwi, wakil rakyat seharusnya menjadi teladan bagi konstituennya. Bukan malah melakukan tindakan yang sangat memprihatinkan. Dia pun merasa khawatir perilaku Ivan Haz ini ditiru oleh konstituennya.

"Nanti (penganiayaan) dianggap hal biasa. Karena sudah membayar pekerja, lalu saya berhak melakukan apa saja. Jangan sampai jadi preseden buruk," sebut Dwi.

Dwi menilai, Ivan telah melanggar Pasal 3 ayat 1, ayat 2 dan ayat 4 Peraturan DPR RI tentang kode etik.

"Kita ingin ada sanksi terberat agar jadi bahan pelajaran. Kita ingin seberat-beratnya. Kalau dari kode etik ada sanksi pemecatan, ya itu agar memberikan efek jera," tandas Dwi.

Selain dilaporkan ke MKD, Ivan Haz juga sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Toipah yang didampingi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Dwi mengaku sejauh ini Elpapi belum bertemu PRT berinisial T yang diduga dianiaya itu.

Meski begitu, Dwi berani mengadu ke MKD karena sudah ada laporan ke Polda Metro Jaya. Ivan Haz sendiri sudah membantah melakukan pemukulan kepada T. Dia mengatakan, luka-luka di tubuh T karena jatuh saat kabur dari apartemen. (Dms/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini