Sukses

Lokasi Kebakaran Lebak Bulus Akan Diubah Jadi Waduk

Kebakaran tersebut menyisakan lahan 3 hektare tanah yang terbengkalai.

Liputan6.com, Jakarta - Lokasi bekas kebakaran di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, menyisakan lahan 3 hektare tanah yang terbengkalai karena permukiman warga telah hangus dilalap si jago merah.

Pasca-kebakaran, muncul kabar akan ada rencana pengalihan fungsi tanah yang semula menjadi tempat tinggal penduduk dengan bangunan semi permanen, diubah menjadi waduk.

Pihak Kecamatan Cilandak mengungkapkan sudah mengusulkan kepada Dinas Tata Air untuk mengalihfungsikan lahan 3 hektare tersebut yang terdapat 12 bidang tanah menjadi waduk.

"Kami sudah sosialisasikan kepada masyarakat yang memang tinggal di area tersebut. Sudah melalui musyawarah juga, sudah penelitian berkas dan akan dilakukan proses pembayaran," ujar Camat Cilandak Dhany Sukma saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Namun hingga kini, pihaknya mengaku masih menunggu jawaban dari Dinas Tata Air terkait pembebasan lahan yang sudah diusulkan tersebut. Untuk harga yang dibayarkan akan disesuaikan dengan tanah dan bangunan.

"Yang jelas dengan opsi seperti ini, masyarakat akan diuntungkan karena waduk ini akan mencegah resiko banjir yang sering terjadi di wilayah itu. Untuk nampung air juga kan maanfaatnya," pungkas Dhany.

Ratusan tempat tinggal di Jalan Lebak Bulus 5 RT 13 dan 14 RW 14 Cilandak, Jakarta Selatan, terbakar pada Rabu 7 Oktober 2015. Sebanyak 650 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal.

Kondisi ini membuat ratusan warga harus mengungsi untuk sementara di 3 posko yang sudah disediakan. ‎(Ali/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini