Sukses

Asap Menipis, 40 Penerbangan di Bandara SSK II Riau Tetap Batal

Menurut Hasnan, jarak pandang di lintasan pacu bandara pada hari ini jauh lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Liputan6.com, Pekanbaru - Aktivitas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, masih tertatih-tatih. Meski kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan sudah mulai menipis, 40 penerbangan dari sejumlah maskapai tetap batal.

"Dari semua yang dijadwalkan, 40 penerbangan dibatalkan oleh sejumlah maskapai. Hal ini merupakan imbas kabut asap pekat beberapa waktu lalu, meski sekarang sudah menipis," ungkap Airport Duty Manager Bandara SSK II Hasnan, Jumat (9/10/2015) petang.

Menurut Hasnan, jarak pandang di lintasan pacu bandara pada hari ini jauh lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Saat ini terpantau jarak sekitar 2 kilometer.

"Meski rata-rata jarak pandang 2.000 meter, operasional penerbangan belum normal sepenuhnya. Masih ada maskapai penerbangan belum sepenuhnya melayani jadwal yang ada," ujar Hasnan.

Dari pagi hingga petang tadi, sudah ada 14 pesawat yang berhasil mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru. Jumlah itu terdiri dari berbagai maskapai dengan tujuan domestik dan internasional.

"Saat ini, pihak Bandara SSK II masih menunggu 1 lagi pesawat Lion Air mendarat. Pesawat ini akan nginap di bandara karena pada pagi besok sudah harus terbang lagi," ujar Hasnan.

Pihak bandara berharap jarak pandang kian membaik, sehingga pesawat dapat kembali beroperasi sedia kala.

"Mudah-mudahan besok jarak pandangnya kian baik. Semoga tidak ada lagi kabut asap yang sudah mengganggu aktivitas bandara selama 3 bulan belakangan," pungkas Hasnan. (Ron/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini