Sukses

Ribuan Orang Berebut Beli Rumah Rp 20 Ribu di Liverpool

Beberapa rumah-rumah super murah itu sudah kosong selama 10-15 tahun terakhir.

Liputan6.com, Liverpool - Ribuan orang mendaftar untuk antre membeli rumah super murah seharga 1 pound sterling atau sekitar Rp 20 ribu di Liverpool, Inggris.

Tercatat 2.750 orang sudah menyatakan berminat membeli rumah-rumah kosong bergaya victoria di daerah Picton itu.

Skema ini dimulai walikota Joe Anderson pada tahun 2013, bertujuan menghidupkan kembali daerah miskin dan meningkatkan perekonomian.

Syarat untuk bisa membeli rumah seharga 1 pound sterling ini adalah pelamar harus bekerja atau tinggal di Liverpool dan baru pertama kali membeli rumah.

"Antara 120 dan 150 rumah akan dijual di gelombang terbaru," kata Dewan Kota Liverpool sepeprti dikutip dari BBC, Jumat (9/10/2015).

Pembeli yang punya anak, dan catatan bank yang baik juga akan menjadi prioritas, karena mereka harus memperlihatkan punya sumber daya yang cukup untuk melakukan renovasi terhadap rumah itu.

Dalam tahap pertama yang sukses, 20 rumah murah tersebut dijual sekitar Granby Four Streets di Toxteth dan Arnside Road.

Beberapa rumah-rumah itu sudah kosong selama 10-15 tahun terakhir.

"Saluran pipa dan listrik sudah dicabut dan rumah-rumah itu praktis tinggal kerangka saja," kata pengelola rumah-rumah kosong di Dewan Kota Liverpool, Tony Mousdale.

Mousdale menuturkan, rumah-rumah itu lebih buruk daripada rumah lain dengan kertas pelapis dinding yang tua bahkan tanpa dapur dan kamar mandi. Tapi, tetap saja banyak orang yang menginginkannya.

Sebanyak 250 pelamar tidak berhasil mendapatkan rumah yang mereka inginkan dalam penawaran sebelumnya, namun mereka dihubungi lagi ketika skema ini dibuka kembali.

Tahun lalu, kunci pertama rumah 1 pound sterling itu diserahkan kepada Jayalal Madde oleh Walikota Liverpool, Joe Anderson. (Tnt/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Rumah Murah