Sukses

Arab Saudi Sediakan 74 Ribu Pemakaman Korban Tragedi Mina

Pihak berwenang akan menyelesaikan prosedur pemakaman bagi almarhum atas persetujuan anggota keluarga.

Liputan6.com, Mekah - Banyaknya korban jiwa dalam tragedi Mina, membuat pihak berwenang Saudi khususnya Sekretariat Mekah mempersiapkan 74.700 kuburan di 6 pemakaman. Jumlah yang telah disediakan tersebut, diperkirakan mampu menampung para tamu Allah yang wafat dalam insiden memilukan tersebut.

"Ini termasuk Maalaa Cemetery yang menyediakan 30.000 kuburan, pemakaman Al-Adl untuk 2.000 kuburan, pemakaman Al-Sharea memberikan 22.000 kuburan dan pemakaman Al-Haram Martir mengakomodir 20.000 kuburan," urai Direktur Sekretariat Media, Osama Zaytoun seperti dikutip dari Arab News, Senin (28/9/2015).

Di Tanah Suci sendiri, ungkap Zaytoun, ada 2 pemakaman yakni Al-Rabway Cemetery dan Arafat Cemetery yang diperuntukkan bagi para korban tragedi Mina. Di sana juga tersedia tempat memandikan untuk para jenazah termasuk semua layanan pemakaman lainnya.

Pihak berwenang akan menyelesaikan prosedur pemakaman bagi almarhum atas persetujuan anggota keluarga. Sementara jenazah dan semua bantuan yang relevan akan diberikan kepada anggota keluarga, yang ingin menguburkannya di kampung halaman mereka.

Pada Kamis 24 September lalu terjadi dorong-dorongan antar-jemaah haji di Jalan Arab 204, Mina, Arab Saudi. Tragedi memilukan ini mengakibatkan 769 jemaah haji dari beberapa negara termasuk asal Indonesia meninggal dunia, sedangkan 823 orang terluka.

Jemaah haji Indonesia korban meninggal dunia dalam tragedi Mina di Arab Saudi terus bertambah. Jumlah korban yang sebelumnya 34 kini menjadi 41 jiwa. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini