Sukses

Kronologi Tragedi Mina Merenggut Jiwa Jemaah Haji

Kejadian tersebut berawal dari berhentinya sekelompok jamaah secara tiba-tiba.

Liputan6.com, Jakarta - Musibah di Mina kembali terjadi tepat pada perayaan Hari Raya Iduladha. Ratusan jemaah haji meninggal dunia karena terinjak saat menuju tempat lempar jumrah di Jalan King Khalid, Mina.

Kejadian terjadi di antara tenda-tenda di kota yang terletak 5 kilometer dari Mekah itu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengungkapkan kejadian tersebut berawal dari berhentinya sekelompok jamaah secara tiba-tiba.

"Kejadian terjadi di jalan menuju tempat lontar jumrah di antara tenda-tenda di Mina. Awal kejadian karena ada sekelompok jamaah yang tiba-tiba berhenti, sehingga terjadi penumpukan dan desak-desakan," ungkap Arrmanatha melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Kamis (24/9/2015).

Menurut dia, kejadian itu terjadi sekitar pukul 07.00 waktu setempat.

Sampai saat ini jumlah jemaah yang tewas mencapai 310 jiwa. Dilansir dari Russian Today, 450 orang lainnya terluka. Keterangan tersebut disampaikan oleh Badan Keamanan Sipil Arab Saudi.

Insiden serupa juga pernah terjadi di Mina. Kejadian terparah, terjadi pada 1990. Lebih dari 1.400 jemaah wafat akibat berdesakan di terowongan. Korban mengalami kurang oksigen karena berdesakan.

Sementara, pada 2006, ada 345 jemaah haji wafat dan 1.000 lainnya luka-luka dalam insiden di Mina. (Bob/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini