Sukses

Ke Turkmenistan Bahas Asian Games, Ini Cerita Wagub Djarot

Djarot mengatakan, beberapa hal sempat didiskusikan di sana. Tapi ada pula yang langsung mendapat persetujuan dari forum, seperti logo.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat baru saja mengikuti Olympic Council of Asia (OCA) di Turkmenistan membahas penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta. Berbagai kesepakatan pun dicapai dari pertemuan ini.

Djarot mengatakan, beberapa hal sempat didiskusikan di sana. Tapi ada pula yang langsung mendapat persetujuan dari forum, seperti logo Asian Games 2018.

"Yang pertama, logo Asian Games dari kita sudah disetujui, seperti burung cendrawasih, dan mereka sepakat diadakan di 2 kota, Jakarta dan Palembang. Yang kedua, pembukaan dan penutupan Asian Games diputuskan di Jakarta," ujar Djarot di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Djarot juga menyatakan, pada 2017 diputuskan untuk maksimal 10 cabang olahraga pre event. Dan soal transportasi, akomodasi, dan pelaksanaan delegasi cabang olahraga di Palembang menjadi tanggung jawab tuan rumah.

Berbagai perkembangan persiapan Jakarta sebagai tuan rumah juga disampaikan. Pembangunan Kampung Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat menjadi bagian yang dilaporkan saat itu.

"Kita sampaikan juga, untuk persiapan, kita segera groundbreaking atlet village. Tanggung jawab DKI membangun velodrome standar nasional direncanakan 2018 selesai," tutur dia.

Dari sisi Transportasi, Djarot juga menjelaskan, pembangunan LRT dan MRT sedang berjalan. Pembangunan transportasi massal itu pun akan terintegrasi dengan bandara, Kampung Atlet, dan lokasi pertandingan.

"Main venue itu GBK (Gelora Bung Karno), pembukaan dan penutupan di sana. Kan waktu itu, inginnya pembukaan di Jakarta penutupan di Palembang. Tapi ribet banget, Presiden OCA menyampaikan bahwa pembukaan dan penutupan di Jakarta," pungkas Djarot. (Ron/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.