Sukses

Kabar Pencopotan Buwas, Kompolnas Segera Finalisasi Rekomendasi

Pencopotan Kabareskrim mutlak hak Kapolri yang disertai masukan dari Wanjakti Polri. Kompolnas hanya akan memberi rekomendasi.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) merespons isu pencopotan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Waseso. Wakil Ketua Kompolnas Tjahjo Kumolo percaya Kepala Polri Jenderal Polisi Badrodin Haiti akan bijak mengambil keputusan.

"Ya nanya ke Kapolri, benar akan diganti atau tidak. Kan belum ada keputusan resmi dari Kapolri. Saya yakin Kapolri akan bijak," ujar Tjahjo di Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Menteri Dalam Negeri itu mengakui adanya pertemuan seluruh anggota Kompolnas di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) siang ini. Bersama Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan‎ yang sekaligus Ketua Kompolnas akan membahas isu terkini di Kepolisian seperti pergeseran, pergantian ataupun perputaran jabatan perwira tinggi bintang 2 dan 3.

Namun, mantan Sekretaris Jenderal PDIP itu menjelaskan, keputusan pergantian atau pencopotan Kabareskrim adalah mutlak hak Kapolri yang disertai masukan dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri. Kompolnas, lanjutnya, hanya akan menyusun rekomendasi kepada Kapolri‎. Rekomendasi itu yang akan difinalisasi di Kemenko Polhukam siang ini.

"Finalisasi rekomendasi atau keputusan Kompolnas akan dirapatkan siang ini di Kantor Kemenko Polhukam," ujar Tjahjo.

Seluruh anggota Kompolnas dan Wanjakti Polri sudah hadir di Kantor Kemenko Polhukam sejak pukul‎ 12.15 WIB. Tidak lama berselang, Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti juga sudah tiba di Kemenko Polhukam. (Bob/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini