Sukses

Ini Sosok Elanto Wijoyono, Aktivis yang Cegat Moge di Yogyakarta

Elanto sangat tegas dalam mendukung kepedulian lingkungan. Dia juga seorang yang kreatif.

Liputan6.com, Yogyakarta - Aksinya yang berani mencegat rombongan motor gede (moge) di simpang empat Condongcatur Yogyakarta, membuat nama Elanto Wijoyono langsung menyebar di media sosial.

Usut punya usut, ternyata aksi ini bukanlah yang pertama dilakukan oleh Elanto. Aksi serupa pernah dilakukannya pada 2014 lalu.

Elanto adalah seorang aktivis peduli lingkungan asal Kota Gudeg. Selain aktif sebagai pegiat Komunitas Peta Hijau Yogyakarta, Elanto juga seorang anggota Dewan Pakar Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) dan COMBINE Resource Institution.

Ketua Walhi Yogyakarta Halik Sandera mengungkapkan, mengenal Elanto sebagai sosok yang peduli dengan kepentingan publik dan lingkungan. Bahkan, dia bersama Elanto ikut dalam beberapa kegiatan tentang lingkungan dan pengurangan risiko bencana.

Halik mengatakan tidak kaget dengan aksi Elanto di Simpang Condongcatur Sabtu kemarin. Menurut Halik, aksi pria 32 tahun itu karena kebutuhan dasar manusia dilanggar, sehingga perlu ada aksi untuk mengingatkan warga khususnya pengguna jalan.

"Ruang publik dimanfaatkan bersama dan saat ini semakin semrawut banyak kemacetan. Aksi itu dilakukan mengingatkan bagaimana masyarakat Yogya dan pendatang harus tertib lalu lintas. Seperti contohnya di Yogya, trotoar sudah dipakai pengendara motor," kata Halik mengungkapan alasan Elanto melakukan aksi cegat moge kepada Liputan6.com, Minggu (16/8/2015).

Aktivis lainnya, Dewan Daerah Walhi Yogyakarta Parlan, mengatakan telah mengenal sosok Elanto sejak 5 tahun terakhir. Menurut Parlan, warga Condongcatur itu memang peduli lingkungan dengan aksi yang jarang dipikirkan orang. Elanto sangat tegas dalam mendukung kepedulian lingkungan. Dia juga seorang yang kreatif.

"Dia memang penggerak isu lingkungan dengan Walhi, termasuk isu perhotelan kemarin. Dia aktif di sosial dan media yang dia punya. Dia juga melakukan aksi yang jarang dipikirkan banyak orang termasuk aksi Sabtu kemarin. Ia menjadi orang yang mengingatkan banyak orang tahu tapi ga mau berbuat termasuk hotel kemarin," papar Parlan.

Saat ini Elanto tercatat menjadi manajer Unit Lumbung Komunitas di Combine Resource Institution (CRI). Elanto juga mempunyai blog untuk mencurahkan isi pikirannya di elantowow.wordpress.com.

Isu tentang lingkungan menjadi isi dari blog yang sudah memuat artikel sejak tahun 2007 lalu. Selain itu, juga isu kota hijau, penyelematan cagar budaya, dan juga pengembangan partisipasi masyarakat terhadap kepedulian lingkungan. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini