Sukses

Momen Dramatis Polisi China Selamatkan Bayi Tersangkut di Toilet

"Bayi itu tersangkut kepalanya di lubang pembuangan toilet. Terdengar suara tangisan bayi."

Liputan6.com, Beijing - Insiden bayi lahir ditinggalkan sang ibu terjadi lagi di China. Penemuan orok yang baru menatap dunia itu berlangsung tak lama laporan warga yang mendengar suara tangisannya.

"Bayi itu tersangkut bagian kepalanya di lubang pembuangan toilet umum. Ia ditemukan oleh polisi setelah masyarakat memanggil mereka, mengatakan mereka mendengar suara tangisan bayi," demikian diberitakan Daily Mail, Selasa (4/8/2015).

Adegan dramatis saat si polisi menyelamatkan bayi dari dalam toilet umum Beijing itu terekam dalam foto yang kemudian beredar di dunia maya. Gambar menunjukkan seorang polisi yang sedikit panik, menggendong si orok yang seorang diri ditinggal ibunya.

Setelah diselamatkan, jabang bayi itu dibawa ke rumah sakit. Meski kepalanya tersangkut di lubang pembuangan toilet, namun ia diperkirakan tak mengalami cedera serius.

Banyaknya kasus penelantaran anak di China -- seperti bayi lahir di luar nikah yang ditinggalkan, terjadi karena tekanan sosial dan keuangan. Kebijakan satu anak di negara itu -- yang berarti denda berat bagi pasangan yang memiliki lebih dari satu bayi, juga menjadi pemicunya.

Insiden bayi terlantar ini menjadi skandal publik China dalam beberapa tahun terakhir.

Peristiwa pembuangan bayi ini bukan pertama kalinya terjadi di China. Sebelumnya petugas pemadam kebakaran pernah mengeluarkan seorang bayi perempuan, yang terjepit di pipa toilet Universitas Linyi, Provinsi Shandong, China, September lalu.

Bayi mungil juga dilaporkan berada di saluran pipa pembuangan air sebuah toilet umum apartemen di Jinhua, Provinsi Zhejiang, China, pada Mei 2013. Setelah diselamatkan, si orok diberinama 'bayi 59'. (Baca: Bayi Baru Lahir Terjebak di Saluran Pipa)

Kasus ini memicu kemarahan publik, namun kemudian dinyatakan kecelakaan. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini