Sukses

Mamah Dedeh 'Dihebohkan' di Media Sosial, Indosiar Minta Maaf

Produser Eksekutif Indosiar, Taryatman, mengatakan sebenarnya Mamah Dedeh saat tausiah tak bermaksud mendiskreditkan pihak tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Ustazah dan penceramah Mamah Dedeh mendapat kritik di media sosial. Sebab, perempuan bernama asli Dedeh Rosidah ini menyebut kata 'autis' untuk orang-orang yang gemar bermain gadget. Pernyataan tersebut disampaikan Mamah Dedeh saat memberikan tausiah di Indosiar pada pertengahan Juli 2015.

Keramaian di media sosial ini dipicu hadirnya petisi yang digagas seorang penyandang autisme, Istiaq Mumu, di Change.org.

Produser Eksekutif Indosiar, Taryatman, mengatakan, sebenarnya pernyataan Mamah Dedeh saat tausiah tidak bermaksud mendiskreditkan atau menyudutkan pihak tertentu, termasuk penyandang autisme.   

"Pada tausiah, memang ada ibu bertanya. Kurang lebih pertanyaan seperti ini, 'Mah, bagaimana anak sekarang ini lebih mementingkan HP daripada orangtuanya. Akhirnya dijawab itu oleh Mamah Dedeh, itu salah didikan dari mamanya dari awal," ujar Taryatman kepada Liputan6.com, Jumat (31/7/2015).

"Mamah saat itu memang menyebut kata 'autis', itu pun cuma sekali. Mungkin kesalahan dari situ, akhirnya orang-orang yang dekat dengan penyandang autis tidak terima," sambung dia

Taryatman menegaskan, Mamah Dedeh sebenarnya tidak bermaksud menyepelekan atau mengejek penyandang autisme. Sebab sekarang ini banyak orang menganalogikan kata 'autis' untuk orang yang menggandrungi gadget.

"Awalnya mungkin Mamah menganggap ini tidak terlalu masalah, atau tidak berniat mengolok atau mengejek orang autis, karena sekarang orang lebih sering menganalogikan kata-kata seperti itu. Tapi Mamah sendiri sekarang sudah mengakui dan kami minta maaf. Intinya itu," ujar Taryatman.

Mamah Dede hingga saat ini belum dapat dikonfirmasi. "Kita tidak akan jawab dengan perihal sekarang. Kami masih berkoordinasi dengan Mamah karena beliau sedang berada di Surabaya. Tapi Insya Allah dalam waktu dekat kami akan menyampaikan pernyataan perihal ini," ujar Tomi, adik Mamah Dedeh saat dikonfirmasi via telepon. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini