Sukses

10 Perwira Tinggi TNI AD Sertijab Serentak di Makostrad Cilodong

Sertijab kali ini digelar secara berbeda dari biasanya. Digelar secara serentak di luar ruangan.

Liputan6.com, Depok - 10 ‎Perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat melaksanakan upacara serah terima jabatan (sertijab) secara serentak di Mako Divisi Infanteri I Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat. Sertijab dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.

Kadispenad Brigjen TNI Wuryanto mengatakan, sertijab kali ini digelar secara berbeda dari biasanya. Hari ini acara sertijab digelar secara serentak di luar ruangan.

"Sertijab kali ini agak istimewa berbeda dari pelaksanaan sertijab tahun lalu. Biasanya sertijab dilaksanakan di dalam ruangan Mabesad," ujar Wuryanto dalam keterangan tertulis yang diterima pada Jumat (31/7/2015).

Sertijab ini, lanjut dia, dilakukan secara serentak meliputi jabatan Pangkostrad, Pangdam, Danjen Kopassus, dan Komandan Lembaga Pendidikan, serta jabatan strategis lainnya yang memiliki tongkat komando di lingkungan TNI AD.

"Sertijab dilaksanakan secara bersamaan dimaksudkan untuk efisiensi waktu karena pada saat ini pejabat-pejabat tersebut harus segera melaksanakan tugasnya di satuan masing-masing," ucap dia.

Jabatan yang diserahterimakan hari ini, antara lain Pangkostrad‎ yang sebelumnya dijabat KSAD Jenderal Mulyono beralih kepada Mayjen Edy Rachmayadi -- yang sebelumnya menjabat Pangdam I Bukit Barisan.

Mayjen Agus Sutomo ‎yang awalnya menjabat Pangdam Jaya dipromosikan menjadi Dankodiklat menggantikan Letjen Lodewijk Freidrich Paulus yang menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Jabatan Danjen Kopassus dijabat Brigjen Muhammad Herindra yang sebelumnya menjabat Kasdam III Siliwangi menggantikan Mayjen TNI Doni Monardi yang kini menjadi Pangdam XVI Pattimura. Sedangkan Mayjen TNI Wiyarto yang semula menjadi Pangdam XVI Pattimura kini menjabat Aster Panglima TNI.

Pangdam II Sriwijaya dijabat Mayjen TNI Purwadi Mukson menggantikan Mayjen TNI Iskandar M Sahil yang akan menjadi staf khusus Kasad dalam rangka pensiun. Pangdam IV Diponegoro diisi Mayjen TNI Jaswandi menggantikan Mayjen TNI Bayu Purwiyono yang akan mengisi jabatan Danjen Akademi TNI.

Jabatan Pangdam V Brawijaya diisi Mayjen Sumardi yang sebelumnya menjabat Gubernur Akmil menggantikan Mayjen TNI Eko Wiratmoko. Eko saat ini akan menjabat Sesmenko Polhukam. Sedangkan jabatan Gubernur Akmil saat ini diisi Brigjen Hartomo yang sebelumnya menjadi Danpusintelad.

Kemudian jabatan Komandan Pusat Polisi Militer diisi Brigjen TNI Dodik Widjanarko menggantikan Mayjen TNI Unggul Kawistoro Yudhoyono yang menjadi staf khusus Kasad dalam rangka pensiun. Dan yang terakhir, Danseskoad dijabat Brigjen TNI Pratimun menggantikan Mayjen TNI Agung Hartomo yang menjadi Wadankodiklat di Bandung. (Tnt/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.