Sukses

Ini Dia 4 Perwira Muda Terbaik Indonesia

Letda Inf Angger Panduyudha mengaku tak menyangka dirinya menjadi salah satu lulusan terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali memiliki perwira-perwira muda berprestasi di lembaga TNI dan Polri. Sebanyak 4 perwira remaja terbaik yang dilantik presiden Jokowi pada Kamis 30 Juli 2015 kemarin dianugerahi penghargaan Adhi Makayasa.

Penghargaan itu berikan karena mereka lulus dengan nilai terbaik. Penyematan pangkat pun dilakukan langsung oleh Jokowi saat upacara pelantikan itu.

Keempat perwira muda itu terdiri dari 3 Akmil, Letda Inf Angger Panduyudha, Letda Laut (P) Adyksa Yudistira, dan Letda Tek Dito Sigit Kuncoro. Dan satu dari Akpol, yaitu Ipda Fauzi Pratama.

Letda Inf Angger Panduyudha mengaku tak menyangka dirinya menjadi salah satu lulusan terbaik. Angger yang datang dari Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta itu merupakan putra dari pasangan guru Iswadi dan Dwi Supriyanti.

"Saya juga tidak menyangka, saya itu dari keluarga biasa dari Desa. Ketat sekali pendidikannya, tapi saya punya niat," kata Angger usai dilantik di Semarang, Jawa Tengah Kamis (30/7/2015).

Sementara itu Letda Laut (P) Adyksa Yudistira mengatakan, dirinya memang berminat menjadi anggota TNI yang bisa berhubungan dengan dunia global. Karena alasan itulah dia memilih matra TNI AL, walaupun pada awalnya dia ingin di TNI AD. Ia merupakan putra kedua dari pasangan PNS Utomo Sidi dan Sri Suparni.

"AL itu kesempatan belajar di luar negeri lebih baik. AL di dunia itu berhubungan, contohnya dengan US Navy, Australia juga, jadi ada persaudaraan," kata Adyksa yang lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang itu.

Hampir sama dengan Adyksa, Letda Tek Dito Sigit Kuncoro juga awalnya didukung orangtua agar bisa menjadi personel AD. Ternyata kemampuan Dito lebih ke Angkatan Udara sehingga dia bisa meraih nilai terbaik. Dito merupakan warga Perum Poplang Purworejo, Jateng.

"Bapak ingin anaknya jadi AD. Tapi namanya rezeki di angkatan udara," tandas putra dari pasangan Setyo Wibowo dan Rahayu itu.

Sedangkan Ipda Fauzi Pratama mengaku sangat berkesan bisa menimba pendidikan di Akpol karena bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah. "Ternyata Indonesia itu luas dan beragam. Senang bisa kenal teman-teman di Akpol," kata putra Iwan T Jumhawan dan Meity Damayati asal Subang tersebut.

Dalam pelantikan bersama 791 perwira remaja lainnya, 4 orang tersebut maju sebagai penerima penghargaan yang disematkan langsung oleh Presiden Jokowi selaku inspektur upacara. (Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Polri

Video Terkini