Sukses

Kapal Pencari Cumi-Cumi Vs Tanker di Laut Jawa, 1 Tewas 3 Hilang

KM Segimas membawa 12 anak buah kapal (ABK) dan 1 nakhoda. Mereka diketahui tengah mencari cumi-cumi.

Liputan6.com, Laut Jawa - Tabrakan kapal terjadi di perairan Laut Jawa, tepatnya di titik koordinat 04,23,950 Lintang Selatan (Ls) dan 110,23,850 Bujur Timur (BT). Kecelakaan laut yang melibatkan Kapal Motor Segimas dan kapal tanker MT Navagoh itu terjadi Kamis 30 Juli 2015 sekitar pukul 10.40 WIB.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, Kamis (30/7/2015) malam, KM Segimas membawa 12 anak buah kapal (ABK) dan 1 nakhoda. Mereka diketahui tengah mencari cumi-cumi.

Namun saat tengah mencari cumi-cumi, tiba-tiba datang kapal tanker warna hitam merah dari arah barat laut ingin ke selatan. Kapal itu diperkirakan akan mengarah ke Surabaya atau Semarang.

Dirpolair Polda Metro, Kombes Makhruzi Rahman mengatakan, kasus kecelakaan tersebut ditangani oleh Pol Air Baharkam Mabes Polri. Ia pun enggan berspekulasi soal penyebab tabrakan.

"Kejadian di luar wilayah hukum Dit Pol Air. Maka dari itu yang menangani Pol Air Baharkam Mabes Polri. Pihak kami hanya turut membantu menangani kejadian ini," ucap Kombes Makhruzi saat ditemui di Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis malam.

Dari data yang dihimpun, dalam peristiwa tabrakan tersebut ada 1 korban tewas atas nama Anto. Sementara itu 3 orang dinyatakan masih hilang dan 8 orang selamat.

Makhruzi memastikan, saat ini pihak Polair Baharkam Mabes Polri tengah mengusut peristiwa tabrakan itu. Yaitu dengan melakukan pendataan serta memeriksa saksi-saksi ABK yang selamat.

"Kini masih dalam proses penyelidikan Pol Air Baharkam Polri. Kini korban selamat berada di KM Harapan Jaya III milik Acai yang merupakan warga Muara Baru, Jakarta Utara," beber Makhruzi. (Ans/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini