Sukses

Tsunami 10 Meter Diramalkan Terjadi di Wilayah Ini

Bencana ini merupakan siklus 200 tahun di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Mentawai, Sumatera Barat diprediksi bakal diguncang gempa berkekuatan 9 skala richter (SR). Gempa itu diprediksi bakal membawa serta gelombang tsunami setinggi lebih dari 10 meter.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Prancis dan Singapura pada Juni 2015 kemarin. Ini merupakan siklus 200 tahun di wilayah tersebut.

"Berdasarkan penelitian itu kita siapkan masyrakat dan pemda setempat untuk waspada terhadap tsunami tersebut. Kita berusaha membuat master plan pengurangan bencana gempa dan tsunami," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Menurut Sutopo, sudah sejak 2013, pihaknya melakukan simulasi bencana di wilayah tersebut. Meski demikian, sambung dia, BNPB mengalami kesulitan.

"Struktur untuk pelatihan atau simulasi bencana sudah oke. Tapi kultur yang susah. Saat simulasi, 63 persen warga justru panik," tegas dia.

1.000 Sirene Tsunami

Menurut Sutopo, sebenarnya untuk mengantisipasi bahaya tsunami diperlukan 1.000 sirene tsunami. Namun, dia menjelaskan, pihaknya baru mempunyai 46 buah saja. Itu pun tak semuanya bisa digunakan.

"Kita punya 46 buah. Tapi yang hanya berfungsi berjumlah 3 buah. Itu masalah yang kita hadapi," tutur dia.

Menurut Sutopo, selain terbentur biaya, BNPB juga masih terbentur dengan teknologi dan sumber daya manusia yang dinilai masih minim.

"Belum cukup sumber daya yang kita punya. Dengan 3 buah itu, maka masyarakat hanya mempunyai waktu 3 menit untuk lari dari ancaman tsunami," pungkas Sutopo. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.