Sukses

8 Bus Transjakarta Merek Scania Beroperasi Pekan Depan

Saat ini bus-bus itu sedang dalam proses mengantre pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang akan dilanjutkan dengan uji KIR.

Liputan6.com, Jakarta - Bus-bus Transjakarta merek Scania sebentar lagi akan beroperasi. Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius Steve Kosasih, mengatakan, pengoperasian bus-bus tersebut akan dilakukan pada Senin 13 Juli 2015.

"Diharapkan 8 dari 20 bus Scania baru tersebut dapat beroperasi pada hari Senin 13 Juli 2015 dan diharapkan sisanya dapat beroperasi penuh sebelum Idulfitri," kata Steve dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa malam (7/7/2015).

Saat ini, kata Kosasih, bus-bus itu sedang dalam proses mengantre pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang akan dilanjutkan dengan pengujian KIR.

Ia menambahkan, puluhan bus Scania tersebut akan disebar di 6 koridor, yakni Koridor I (Blok M-Kota), Koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni), Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit), Koridor XI (Kampung Melayu-Pulogebang), dan Koridor XII (Pluit-Tanjung Priok).

"Karena itu, saat ini prioritas kami adalah pengadaan bus baru baik yang kami operasikan sendiri maupun yang dikelola operator dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya (sesuai kebutuhan operasional) dan dalam waktu yang secepat-cepatnya," tutur dia.

Bus Scania Euro6 memang memiliki spesifikasi yang cukup baik. Salah satunya berkapasitas mencapai 180 orang tanpa berdesakan. Lalu emisi gas buangnya 13,5 persen dibanding jenis Euro3.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, meluncurkan 20 armada Scania sebagai bus Transjakarta terbaru. Bus-bus ini nantinya akan melayani berbagai koridor di Ibukota.

Ahok begitu semringah melihat bus Scania asal Swedia itu berjajar di Plasa Barat Monas, Jakarta Pusat. Bus yang dirakit di Indonesia ini akan menambah armada serupa yang sudah lebih dulu mengaspal di Ibukota.

"Saya sangat gembira melihat ini. Saya berusaha supaya pembelian barang di Jakarta melalui LKPP e-catalog. Sama swasta bisa beli, kenapa harus lelang. Saya dorong swasta nyumbang, di situ saya minta LKPP jadikan standar," ujar Ahok di Balaikota, Jakarta, pada Senin 22 Juni 2015.  (Ndy/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Scania

Video Terkini