Sukses

Istana: Jokowi Lantik Gatot Nurmantyo dan Sutiyoso Besok

Gatot dan Sutiyoso masing-masing dipilih sebagai calon tunggal Panglima TNI dan Kepala BIN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akan melantik Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI dan Letjen (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pada Rabu 8 Juli 2015 besok. Pelantikan keduanya bakal dilakukan secara bersamaan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

"Iya, katanya begitu, besok barengan (dilantiknya)," ujar Kepala Kantor Staf Kepresidenan ‎Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Gatot dan Sutiyoso masing-masing dipilih sebagai calon tunggal Panglima TNI dan Kepala BIN. Jokowi pun kemudian mengajukan kedua nama tersebut ke DPR untuk menjalani fit and proper test. DPR pun menyetujui pencalonan keduanya.

Sebelumnya Gatot Nurmantyo mengatakan, pelantikan dia seharusnya digelar pada Senin 6 Juli 2015 lalu. Namun Presiden Jokowi memutuskan untuk menunda prosesi tersebut.

"‎Ditunda sekarang karena ada laporan dari Panglima TNI (Jenderal TNI Moeldoko) tentang kinerja ke DPR. Jadi bayangkan kalau saya dilantik sekarang, kan bagaimana?" ujar Gatot, Senin 6 Juli 2014.

Selain harus melapor kepada DPR, kata Gatot, Moeldoko juga melakukan buka puasa bersama dengan para prajurit TNI dan Presiden Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap pada hari ini. ‎

"Kemudian besok (hari ini) Presiden akan ke Mabes TNI untuk berbuka puasa dengan Panglima TNI. Anda bayangkan kalau saya dilantik hari ini, ada dua (Panglima), bagaimana?‎" tandas Gatot.

Jenderal Moeldoko juga memastikan Panglima TNI terpilih Jenderal Gatot Nurmantyo akan dilantik Rabu 8 Juli 2015 di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

"Iya, rencananya besok jam 12.45 WIB di Istana," ujar Moeldoko usai mengikuti acara buka puasa bersama dengan Presiden Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap, Selasa (7/7/2015).

Menurut Moeldoko, acara yang berlangsung besok hanya diisi oleh proses pelantikan Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI. Sedangkan untuk acara serah terima jabatan, akan dilakukan selanjutnya dalam waktu yang berbeda.

"Nanti kita lihat waktu yang pas. Besok baru pelantikan, serah terimanya perlu persiapan besar," kata dia. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat ini menjabat sebagai Panglima TNI sejak 8 Juli 2015.
    Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat ini menjabat sebagai Panglima TNI sejak 8 Juli 2015.

    Gatot Nurmantyo

  • Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944
    Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944

    Sutiyoso