BMKG Imbau Warga Medan Waspadai Cuaca Ekstrem

Oleh Reza Efendi pada 23 Jun 2015, 04:06 WIB
Ilustrasi Lipsus Cuaca Panas

Liputan6.com, Medan - Cuaca panas melanda Kota Medan, Sumatera Utara, menjelang akhir Juni ini. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan suhu di Kota Medan saat ini mencapai 36 derajat Celsius, sehingga warga diimbau waspada.

"Suhunya di Kota Medan mencapai 36 derajat Celsius, kita perkirakan hal ini akan terus terjadi hingga akhir bulan Juni nanti," ucap staf Pelayanan Jasa BMKG Wilayah I Medan Lestari Purba, Senin (22/6/2015).

Ia menjelaskan, suhu panas ini disebabkan karena posisi matahari berada di belahan bumi bagian utara dan satu posisi dengan Sumut yang letaknya di bagian utara Bumi.

"Pola angin muson barat daya bersifat menyebar, sehingga mengganggu pembentukan awan, akibatnya awan akan sulit terbentuk dan sengatan matahari menembus Bumi tanpa dihalangi awan," jelas dia.

Lestari juga menerangkan, pada tahun 2015 ini awal Juni hingga akhir Agustus adalah musim kemarau kedua. Musim kemarau pertama terjadi pada Januari hingga Maret 2015, sedangkan April hingga Mei 2015 adalah musim hujan pertama.

"Akibat suhu panas (cuaca ekstrem) masyarakat akan cepat mengalami dehidrasi, apalagi bertepatan dengan bulan Ramadan, di mana sebagian besar umat muslim menjalankan puasa. Masyarakat tetap diminta waspada. Kita juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi kebakaran yang akan terjadi akibat cuaca panas ini," pungkas Lestari. (Ans/Dan)