Sukses

596 Calon Akpol Gugur Tes Fisik dan Kejiwaan di Polda Metro Jaya

Polda Metro Jaya melakukan seleksi ketat terhadap peserta calon siswa Akademi Polisi (Akpol) tahun seleksi 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya melakukan seleksi ketat terhadap peserta calon siswa Akademi Polisi (Akpol) tahun seleksi 2015. Dari jumlah awal peserta calon Akpol 860 orang, hampir setengahnya gagal dalam tes fisik.

"Sebanyak 451 peserta lolos mengikuti tes tahap lanjutan yaitu tes psikologi," kata Kasubag Penyediaan Personel Bagian Pengendalian Personel Biro SDM Polda Metro Jaya, Komisaris Argo Wiyono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta (29/5/2015).

Dalam tes psikologi atau kejiwaan, lanjut dia, sebanyak 187 calon Akpol tidak lulus.

"Sisanya tinggal 264 (peserta). Mereka selanjutnya akan menjalani tes akademik, tes kesehatan kedua yaitu periksa darah dan rontgen tubuh, tes jasmani kedua dan tes pantukhir (penilaian panitia penentu akhir)," tandas Argo.

Rencananya, tes akademik akan dilakukan di Kampus H Universitas Gunadarma dari tanggal 31 sampai dengan 3 Juni 2015 untuk mencari sekitar 75 peserta terbaik. Setelah lolos seleksi dari tingkat daerah (Polda), pendaftar akan dikirim ke Sekolah Akademi Polisi di Semarang sebagai tempat pusat seleksi.

"(Dikirim) Untuk berkumpul dengan peserta yang lolos dari daerah lain. Setelah itu mereka akan menjalani kembali tes seleksi masuk Akpol dengan peserta lainnya. Jadi nanti yang lolos di tingkat daerah masih bisa gagal lagi begitu seleksi di pusat," tutup Argo. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini