Sukses

Ribuan Kios di Pasar Tradisional Lembang Bandung Ludes Terbakar

Ribuan kios milik pedagang hangus dilalap api di pasar tradisional Lembang, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung - Kebakaran besar melanda wilayah Bandung, Jawa Barat. Kamis malam tadi, ribuan kios milik pedagang hangus dilalap api di pasar tradisional Lembang Barat, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi, Jumat (15/5/2015), ratusan pedagang panik saat menyelamatkan barang dagangan dari dalam kios pasar Lembang. Kebakaran tersebut membuat warga sekitar penasaran dan mulai berdatangan ke lokasi kebakaran.

Akibat banyaknya warga yang berkerumun untuk menonton, belasan mobil pemadam kebakaran kesulitan memasuki lokasi.

Jelang Jumat dini hari tadi kobaran api yang melahap pasar tradisional itu semakin membesar. Ribuan unit kios milik pedagang langsung ludes.

Banyaknya bahan kain dan tabung gas yang dijual di dalam kios mengakibatkan api sulit dijinakan. Menurut saksi, titik api berasal dari tengah pasar hingga menjalar ke area lainnya.

Polisi masih memeriksa sejumlah saksi untuk mencari penyebab kebakaran yang ditaksir menelan kerugian hingga miliaran rupiah tersebut.

Kebakaran juga terjadi di Jalan Kandea 3 Lorong 2, Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan. Puluhan rumah di wilayah tersebut ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Dengan peralatan seadanya, warga di sekitar lokasi berupaya memadamkan api. Banyaknya rumah warga yang terbuat dari material kayu dan kencangnya tiupan angin, membuat api cepat menyebar dan sulit dijinakan.

Sulitnya akses menuju lokasi membuat mobil pemdam kebarakan sulit masuk ke lokasi. Setelah 2 jam api baru berhasil dijinakan. Arus pendek listik diduga menjadi penyebab kebakaran hebat ini. (Nda/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.