Sukses

Demam Akik Juga Melanda Pulau Bali

Batu akik Pulaki juga memiliki kandungan biji emas serta besi di dalamnya sehingga orang menyebutnya badar emas atau badar besi.

Liputan6.com, Denpasar - Demam batu akik juga melanda Bali yang ternyata memiliki batu akik khas dan unik yakni batu akik Pulaki. Selain memiliki kandungan biji emas, akik Pulaki juga mengandung magnet.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang, Minggu (10/5/2015), puluhan kilogram bongkahan aneka jenis batu akik asli Bali, asal Pulaki, Buleleng, siap diolah. Yang lebih unik, batu akik Pulaki juga memiliki kandungan biji emas serta besi di dalamnya sehingga orang menyebutnya badar emas atau badar besi. Karenanya batu akik Pulaki bisa menempel di magnet.

Batu akik Pulaki Buleleng ada 5 jenis yaitu badar besi, pirus bali, batu krisna, tampak darah, dan hijau tabur emas.

Tingkat kekerasan akik Pulaki setara dengan batu Intan yakni mencapai tingkat 10 seperti yang terlihat di alat pengukur kekerasan batu. (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.