Sukses

Muhammadiyah Puasa Mulai 18 Juni, Pemerintah?

"Kita terus secara bersama-sama melakukan kajian mendalam untuk memperoleh definisi yang sama," ucap Menteri Agama Lukman Hakim.

Liputan6.com, Tangerang Selatan Muhammadiyah sudah menetapkan bulan Ramadan jatuh pada 18 Juni. Versi pemerintah? Meski belum ada penetapan, namun Menteri Agama Lukman Hakim menyatakan ada kemungkinan memulai Ramadan bersama-sama.

"Saya sudah lakukan pertemuan dengan PP Muhammadiyah di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Itu bukan hanya membahas ataupun menyatukan penanggalan Ramadan ataupun Syawal saja, melainkan penanggalan Islam secara keseluruhan," tutur Lukman di MTs Negeri Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten, Senin (4/5/2015).

Menurut dia, Kementerian Agama terus berupaya agar persepsi ataupun cara pandang antara Muhammadiyah, Nahdlathul Ulama (NU), ataupun organisasi Islam lainnya semakin sama dalam cara pandang definisi tentang hilal.

"Maknanya, cara pandangnya, dan definisi tentang hilal, kita terus secara bersama-sama melakukan kajian mendalam untuk memperoleh definisi yang sama," ucap Lukman.

Untuk itu dalam penentuan 1 Ramadan dan 1 Syawal tahun ini, Kementerian Agama optimistis akan ada persamaan tanggal.

"Makanya kita lihat saja, masih dilakukan kajian-kajian. Masih adanya kemungkinan untuk bersama memulai Ramadan tahun ini," harap Lukman. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menurut ahli bahasa Sansekerta, upawasa bermakna ritual untuk “masuk” ke Yang Ilahi.

    puasa

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • hilal

Video Terkini