Sukses

Pemimpin Asia-Afrika Jumatan di Masjid Raya Bandung

Tak hanya napak tilas Konferensi Asia-Afrika, rangkaian acara lain juga sudah disiapkan bagi puluhan pemimpin dunia ini.

Liputan6.com, Jakarta - Momen bersejarah bakal berlangsung hari ini di Kota Bandung. Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika dihelat di ibukota Provinsi Jawa Barat tersebut.

Beberapa acara sudah disiapkan demi menyambut perhelatan besar ini. Tak hanya historical walk atau napak tilas, rangkaian acara lain juga sudah disiapkan bagi puluhan pemimpin dunia ini.

Namun, di antara acara-acara tersebut ada satu kegiatan yang paling menarik perhatian. Kegiatan tersebut adalah salat Jumat bersama para pemimpin Asia-Afrika di Masjid Raya Bandung -- dulu bernama Masjid Agung.

"Besok hari Jumat, (pemimpin Asia-Afrika) salat Jumat di dekat Gedung Merdeka," ucap Direktur Jenderal Asia Pasifik Afrika Kementerian Luar Negeri Yuri Thamarin di Jakarta Convention Center, Kamis (23/4/2015).

Setelah Jumatan, para kepala negara masih akan dihadapkan beberapa jadwal lagi. Acara tersebut adalah peresmian monumen Asia-Afrika di Kota Kembang.

Sehabis peresmian, rangkaian kunjungan para kepala negara/pemerintahan ditutup dengan jamuan santap siang. "Jamuan santap siang diadakan di Gedung Pakuan oleh Gubernur (Ahmad Heryawan) dan Presiden (Joko Widodo)," ujar Yuri.

Presiden Jokowi juga akan memberikan sambutan dalam Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika, yang diikuti sambutan dari satu perwakilan Asia, satu perwakilan Afrika, dan perwakilan negara peninjau.

Selanjutnya akan ada penandatanganan simbolis Bandung Message atau Pesan Bandung oleh tuan rumah KAA Indonesia, negara perwakilan Afrika, dan negara perwakilan Asia. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini