Sukses

Alasan Batik Jokowi Mirip Presiden Tiongkok saat Pesta Kebun KAA

Kala itu, Presiden Jokowi yang duduk berdampingan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Liputan6.com, Jakarta - Gala dinner para pemimpin negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu 22 April 2015 kemarin meninggalkan cerita unik.

Kala itu, Presiden Jokowi yang duduk berdampingan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping terlihat mengenakan batik dengan warna senada, biru.

(Liputan 6 TV)

Berawal dari warna baju, spekulasi pun bermunculan. Salah satunya, ada yang menyebut kesamaan warna baju itu menandakan arah politik luar negeri RI condong ke Negeri Tirai Bambu. Menanggapi suara-suara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla pun bersuara.

"Tidak (disengaja). Itu baju batik dipilih-pilih warnanya masing-masing orang. Mungkin mereka memilih secara bersamaan, dikasih pilihan mau pilih yang mana," kata JK di lokasi KAA, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

"Saya kira mereka tidak berkomunikasi. Jadi warna sih banyak saja," sambung mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

JK menyatakan, hubungan RI dengan Tiongkok sama seperti negara lain. Relasi kedua negara berjalan dengan baik dan terus berkembang ke arah positif. "Jadi bukan soal baju, tapi hubungan kita dengan China, Jepang, Korea, termasuk sangat baik," pungkas JK. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini