Sejumlah Pemimpin Negara Absen Perayaan KAA di Bandung, Mengapa?

Oleh Andreas Gerry Tuwo pada 23 Apr 2015, 14:18 WIB
Hasil 'Dandan Ala Eropa' Bandung Demi KAA

Liputan6.com, Jakarta - Puncak acara peringatan ke-60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) akan dipusatkan di Bandung, Jawa Barat. Namun, tidak semua pemimpin dunia yang hadir saat KAA di Jakarta akan ikut ke Bandung.

Menurut Direktur Jenderal Asia Pasifik Afrika Kementerian Luar Negeri Yuri Thamrin, beberepa negara absen karena sejumlah alasan. Termasuk di antaranya harus menyelesaikan urusan internal di negaranya masing-masing.

"(Yang tak hadir di Bandung) PM Jepang, Raja Yordania, PM Singapura, Presiden Iran, Wapres Seychelles, PM Palestina," kata Yuri di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Meski begitu, mantan Dubes RI untuk Inggris itu mengatakan, arti penting dari peringatan KAA tidak akan luntur hanya karena ketidakhadiran dari beberapa pemimpin negara.

Yuri pun menambahkan, walau ada yang tak hadir tetapi terdapat pula Kepala Pemerintahan yang absen di Jakarta tapi datang di Bandung. Kepala negara tersebut adalah PM Malaysia Nadjib Razak.

"PM Malaysia tidak hadir di KTT tetapi langsung dari Kuala Lumpur (ke Bandung)," tambah Yuri.

Para pemimpin negara Asia-Afrika sendiri direncanakan menuju Bandung menggunakan udara. Hanya Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jingping yang memilih jalur darat. (Ndy/Ein)

Maylanda TessaMaylanda Tessa

Wah kok gtu ya #BacaBeritaIni

Yukha Penghuni LemsaYukha Penghuni Lemsa

ijin share lagi #Liputan6.com ‪#‎BacaBeritaIni‬

Anggada PutraAnggada Putra

mungkin sedang mengurusi negara masing-masing

Lihat Lainnya