Sukses

Fadli Zon: Pelantikan Wakapolri Tak Tertutup, Polri Sibuk KAA

Banyak yang menilai, pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Wakapolri dilakukan secara tertutup.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang menilai, pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Wakapolri dilakukan secara tertutup. Namun Wakil Ketua DPR Fadli Zon punya pandangan lain.

Menurut dia, hal ini lantaran Polri tengah disibukkan dengan pengamanan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA).

"Saya kira tidak ada yang menutup-nutupi itu. Saya kira masalah teknis saja karena banyak disibukkan hari ini (peringatan KAA)," kata Fadli usai mengikuti Konferensi Parlemen Asia Afrika di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti resmi melantik Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjadi Wakil Kepala Polri pada 23 April 2015. Pelantikan tersebut dilakukan tertutup di Gedung Rupatama Mabes Polri, dengan dihadiri 5 jenderal bintang tiga dan 2 komisioner Kompolnas.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan juga menjelaskan, pelantikan Budi Gunawan dilakukan secara tertutup hanyalah mekanisme sederhana. Alasan lain karena sempitnya waktu Kapolri.

"Tidak ada apa-apa. Ini rahasia. Ini mekanismenya. Ini adalah internal rumah tangga Polri. Ini kesepakatan bersama. Saya berdiri di sini juga untuk berikan keterangan," ucap Anton di Mabes Polri pada Rabu 22 April 2015.

"Tadi mulai (dilantik) sekitar Pukul 14.00 WIB (pelantikan dilakukan secara singkat) Karena sedang ada pengamanan KAA," pungkas Anton. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.