Sukses

Jokowi 'Kebanjiran' Pertemuan Bilateral Saat KAA

Konferensi Asia-Afrika ke-60 di Indonesia telah dibuka. Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung kebanjiran permintaan pertemuan bilateral.

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60 di Indonesia telah dibuka. Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung kebanjiran permintaan pertemuan bilateral.

"(Permintaan bilateral kepada Presiden Jokowi) Ada 19 negara," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Minggu (19/4/2015).

Banyaknya permintaan ini, dipastikan Retno akan diakamodir. Namun hal tersebut juga akan dicocokan dengan jadwal dari kedua kepala negara.

"Kami coba mengatur karena Presiden harus memimpin sidang dan bertemu beberapa pemimpin lain. Jadi kami coba untuk mencocokan jadwal dari Presiden dan kami akan akomodasi semua sebisa mungkin," jelas Retno.

Menurut dia, pengakomodiran permintaan pertemuan bilateral harus dilakukan. Sebab, negara-negara yamg meminta pertemuan adalah tamu Indonesia selama KAA.

Juru Bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir menyebut sebelum KAA dimulai permintaan bilateral sudah deras. "Permintaan bilateral dengan Presiden Jokowi antara lain dari Tiongkok, Myanmar, Pakistan, Bangladesh, Vietnam, Iran, Palestina, Afsel, Zimbabwe, Mozambik, Nepal, Swaziland, Nepal, Yordania, Seychelles," sebut Arrmantha.

"Itu adalah kepala negara atau kepala pemerintahan yang minta pertemuan bilateral dengan Presiden," jelas pria yang kerap disapa Tata itu.

Pertemuan bilateral ditunjukkan untuk memperkuat hubungan Indonesia dengan negara-negara sahabat. Pertemuan yang bertepatan dengan KAA itu bertujuan memajukan relasi negara Asia-Afrika. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • KAA