Sukses

Jembatan Ambles, Jalur Trenggalek-Ponorogo Putus Total

Rekahan aspal pada masing-masing ujung jembatan terlihat menganga dengan lebar sekitar 10-15 centimeter.

Liputan6.com, Jakarta - Jembatan di Desa Nglongsor, Trenggalek, Jawa Timur ambles tergerus banjir hingga salah satu penyangganya turun sedalam 130 cm. Akibatnya, jalur Trenggalek-Ponorogo pun putus total.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut yang terjadi pada Kamis dinihari. Untuk keselamatan warga, polisi dibantu jajaran Koramil Tugu segera menutup jalur utama Trenggalek-Ponorogo tak lama setelah menerima kabar putusnya jembatan itu.

"Akses langsung kami tutup. Lalu lintas, untuk kendaraan roda dua, empat atau lebih yang tidak bermuatan berat kami alihkan ke jalan lingkar yang melintasi Desa Kerjo, tak jauh dari sini," terang Danramil Tugu Kapten Supriyo di lokasi kejadian, Trenggalek, Kamis (12/3/2015).

Ia mengungkapkan, putusnya jembatan tua yang dibangun sejak 1962 itu dipicu hujan deras sejak Rabu 11 Maret 2015 sore sekitar pukul 21.00 WIB. Akibatnya debit air Sungai Nglongsor meluap.

Menurut Supriyo, derasnya arus yang diperkirakan mencapai kedalaman 4 sampai 5 meter menyebabkan fondasi salah satu pilar penyangga jembatan tergerus secara masif sehingga ambles ke dalam tanah.

Akibatnya, badan jalan yang ada di permukaan jembatan ikut ambles. Rekahan aspal pada masing-masing ujung jembatan terlihat menganga dengan lebar sekitar 10-15 centimeter.

Kontur jalan pada permukaan jembatan kini membentuk cekungan dengan kedalaman sekitar 130 centimeter.

Sebagian warga, petugas, maupun wartawan secara bergantian masih bisa melintas di atas jembatan dengan cara berjalan kaki. Namun tidak demikian halnya bagi semua jenis kendaraan mengingat kerusakan pada badan jembatan tergolong parah.

Jika terjadi hujan deras lagi dan aliran sungai kembali meluap, bukan tidak mungkin pilar jembatan semakin turun dan menyebabkan badan utama jembatan runtuh.

"Sementara kami sudah laporkan kejadian ini ke pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti ke Dinas PU Binamarga Provinsi Jatim. Kebetulan jembatan ini berada di jalur jalan provinsi," kata Camat Tugu, Zahid Isroni.

Jembatan Nglongsor yang ambles dan menyebabkan jalur Trenggalek-Ponorogo harus dialihkan ke jalan alternatif melalui Kecamatan Karangan. (Ant/Ali/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini